PUSAT DATA JENDERAL BESAR HM. SOEHARTO

---

Cava Centra Berlangsungnya KTT Non-Blok IX

♠ Dipublikasikan oleh Tim Kerja Media Cendana Nusantara ,,,
Senin, 4 September 1989 --- Bertempat di Cava Centre, tempat berlangsungnya KTT Non-Blok IX, hari ini Presiden Soeharto mengadakan seangkaina pembicaraan secara terpisah dengan sejumlah Kepala Negara. Dengan pertemuan dengan Presiden Venezuela, Carlos Andres Perez, pemimpin Venezuela itu mengusulkan diselenggarakannya KTT OPEC. Usul ini dapat diterima oleh Presiden Soeharto, tetapi Kepala Negara menghendaki agar persiapannya dilakukan dengan baik.
Kedua Kepala Negara menyatakan sepakat bahwa harga minyak perlu distabilkan demi kepentingan konsumen, produsen dan kepentingan perusahaan-perusahaan yang mengolah minyak bumi itu. Masalah ini juga dikemukakan Presiden Soeharto kepada Emir Kuwait, Jaber Al Ahmad  Al Sabah, dalam pertemuan mereka sore ini. Dalam hubngan ini Emir Kuwait menyatakan dapat memahami pandangan Indonesia tersebut.
Sore ini Presiden Soeharto mengadakan pertemuan dengan Presiden Yogaslavia, Janez Drnovsek. Pada kesempatan itu Presiden Drnovsek menyatakan sangat menghargai partisipasi Indonesia dalam KTT karena Indonesia merupakan salah satu negara pendiri Gerakan Non-Blok.

Sumber : Buku Jejak Langkah Pak Harto Jilid 1-6
Publikasi ; Rayvan Lesilolo