PUSAT DATA JENDERAL BESAR HM. SOEHARTO

---

Presiden Soeharto Menerima Ichiye Hayakawa dan Ketua Sub-Komite Senat Amerika di Istana Merdeka

♠ Dipublikasikan oleh Tim Kerja Media Cendana Nusantara ,,,,,
Rabu, 12 Agustus 1981  --- Bertempat di Istana Merdeka, pukul 10.00 pagi ini Presiden Soeharto menerima Ichiye Hayakawa, Ketua Sub-Komite Senat Amerika Serikat untuk Asia Pasifik, yang didampingi oleh Duta Besar Edward E Masters. Dalam pertemuan itu, Ichiya Hayakawa telah menyampaikan penghargaan atas sikap Indonesia yang dengan penuh rasa kemanusiaan menangani masalah pengungsi Kamboja. Dikatakannya bahwa masyarakat Amerika sangat menghargai kebijaksanaan pemerintah Indonesia dalam hal ini, meskipun para pengungsi itu hanya ditampung di tempat transit.
Dalam kesempatan itu, Hayakawa telah pula menyampaikan undangan Presiden Ronald Reagan kepada Presiden Soeharto untuk mengadakan kunjungan resmi ke Amerika Serikat tahun depan.
Setelah kunjungan Hayakawa, Presiden Soeharto di tempat yang sama menerima Menteri Perekonomian dan Pembangunan Jerman Barat, Otto Graff Lambsdorff, yang didampingi oleh Duta Besar Hallier, dan Menko Widjojo Nitisastro. Sesuai pertemuan, Menteri Lambsdorff mengatakan bahwa Presiden Soeharto merasa puas atas kerjasama yang erat antara kedua negara, terutama pada bidang ekonomi. Dikatakannya pula bahwa Pemerintah Jerman akan terus meningkatkan bantuannya bagi pembangunan yang telah dilaksanakan oleh Indonesia.

Sumber: buku Jejak Langkah Pak Harto Jilid 1-6
Publikasi : Rayvan Lesilolo