PUSAT DATA JENDERAL BESAR HM. SOEHARTO

---

Kepala Negara Melantik 19 Orang Anggota Bepeka

♠ Dipublikasikan oleh Tim Kerja Media Cendana Nusantara ,,,,,
13 Agustus 1973  --- Tujuh orang anggota dan pimpinan Bepeka dilantik oleh Presiden Soeharto pagi ini di Istana Negara. Para anggota Bepeka ini diangkat Kepala Negara dari 19 orang calon yang diusulkan DPR. Diantara mereka terdapat Ketua Bepeka, Jenderal Umar Wirahadikusumah, dan Wakil Ketua, Mayjen. Sudradjat.
Dalam kata sambutannya, Kepala Negara mengatakan bahwa Bepeka adalah benar-benar akan memperkuat pelaksanaan demokrasi dalam arti yang sesungguhnya. Ada atau tidaknya demokrasi dalam suatu negara tercermin pada bagaimana negara itu memperoleh uang untuk mengatur hidup dan pembangunan masyarakat. Kepala Negara juga mengharapkan agar antara Bepeka, DPR dan pemerintah terdapat kerjasama yang sebaik-baiknya. Akan tetapi diingatkannya bahwa kerjasama yang baik itu tidak untuk saling melindungi atau menutupi kekurangan masing-masing. Demikian Presiden Soeharto.
Sementara itu, sebelum  acara pelantikan anggota-anggota Bepeka, Presiden Soeharto pagi ini telah menerima kunjungan Menteri Pariwisata  Aljazair, Abdul Aziz, yang bertindak sebagai utusan khusus Prsiden Boumedienne, Abdul Aziz adalah utusan khusus kedua yang dikirim ke Jakarta oleh pemimpin Aljazair itu dalam waktu kurang dari dua bulan, dengan tugas yang sama, yaitu meminta kesediaan Presiden Soeharto untuk menghadiri KTT Non-Blok yang akan berlangung di Aljazair bulan depan. Akan tetapi, sebegitu jauh, belum ada persiapan yang dapat dijadikan indikasi bahwa Presiden Soeharto akan menghadiri KTT tersebut.

Sumber : Buku Jejak Langkah Pak Harto Jilid 1-6
Publikasi : Rayvan Lesilolo