PUSAT DATA JENDERAL BESAR HM. SOEHARTO

---

,Presiden Soeharto Membuka Konferensi Kerja Nasional Usaha Perbaikan Gizi Keluarga

♠ Dipublikasikan oleh Tim Kerja Media Cendana Nusantara ,,,,
Senin, 22 Juli 1974. --- Di Bina Graha pagi ini,Presiden  Soeharto membuka  konferensi  Kerja  Nasional  Usaha  perbaikan  Gizi Keluarga. Dalam amanatnya.Kepala Negara  antara lain  mengulangi  ajakan  yang  telah  beberapa  kali  diseruhkannya  yaitu  agar  masyarakat  mulai mengadakan gerakan  besar  mengubah  menu  makanan  kearah  yang lebih  bermutu  dan  lebih  beraneka  ragam.Dikemukakannya  bahwa perubahan  menu  makanan  rakyat  itu hanya  bertujuan  untuk memperbaiki  keadaan gizi  masyarakat  Indonesia,dan sama sekali  tidak berarti  bahwa kita harus beralih kepada jenis  makanan yang tergolong  mewah. Demikian Presiden Soeharto.
Dalam  pada itu, hari ini Kepla Negara  telah pula menyampaikan amanat tertulisnya pada pembukaan  Seminar  Transmigrasi  Pramuka  yang diselenggarakan di Bandung.Dalam  amanat  yang  dibacakan oleh Menteri  Tenaga  Kerja, Koperasi  dan Transmigrasi, Prof. Subroto, Presiden  Soeharto menegaskan bahwa masalah paling  berat  yang kita hadapi  bersama selama Pelita II adala persoalan  penduduk.Hal ini karena  jumlah penduduk kita besar,pertumbuhannya  cepat,penyebarannya tidak merata. dan struktur umurnya  juga tidak menguntungkan.
Oleh sebab iu, menurut  Kepala Negara, untuk dapat mempertahankan  kesejateraan itu, kita  membutuhkan usaha-usaha  yang besar  dan langkah  yang mendesak.  Dikemukakan  pula oleh  Presiden bahwa sebagai akibat dari persoalan penduduk yang demikian, masalah penyediaan  kesempatan  kerja menjadi  lebih mendesak  lagi. Untuk  itu, kebijaksanaan khusus untuk memperluas  kesempatan kerja antara lain berbentuk peningkatan program  bantuan  kabupaten, program pusat karya,BUTSI, dan transmigrasi.

Sumber : Buku Jejajak Langkah Pak Harto Jilid 1-6
Publikasi : Rayvan Lesilolo