PUSAT DATA JENDERAL BESAR HM. SOEHARTO

---

Presiden Soeharto dan Ibu Soeharto Meresmikan Pabrik Semen PT Semen Adalas Indonesia

♠ Dipublikasikan oleh Tim Kerja Media Cendana Nusantara ,,,,
Selasa, 2 Agustus 1983. --- Pagi  ini Presiden  dan  Ibu  Soeharto  bertolak  ke Banda Aceh  untuk meresmikan  pabrik semen  PT  Semen  Andalas Indonesia. Bersamaan  dengan peresmian  pabrik semen PT  Semen Andalas Indonesia ini.  Dan dari  lokasi  pabrik  tersebut  beberapa  kilometer  di luar  kota Band  Aceh,  Presiden  juga meresmikan jalan raya  antara  Meulaboh ( ibukota Kabupaten  Aceh  Barat)  dan Tapaktuan  ( ibukota Kabupaten  Aceh  Selatan).  Selesai  acara peresmian  kedua proyek  ini, kepala Negara beserta  rombongan  terbang  kembali ke Jakarta.
Dalam amanatnya, Presiden meminta agar pabrik-pabrik  dan industri yang kita miliki juga  mempunyai  perencanaan  pembinaan  tenaga yang   terarah  dan jelas.  Dalam  tahap-tahap  permulaan  kita boleh  dan memang  masih  perlu  menggunakan tenaga  ahli asing.   Tetapi ,  demikian  ditegaskannya,  harus tiba   saatnyananti semua  pabrik  dan industri ---- betapa  besar dan rumitnya--  digerakkan  oleh otak  dan tangan putera-puteri Indonesia  sendiri.
 Dalam hubungan ini  Kepala  Negara  meminta  kesediaan  pihak  asing  yang ikut serta dalam pembangunan  Indonesia  untuk mendidik tenaga-tenaga Indonesia Kearah itu.
 
Sumber : Buku Jejak Langkah Pak Harto 1-6
Publikasi : Rayvan Lesilolo