PUSAT DATA JENDERAL BESAR HM. SOEHARTO

---

Hasil Perundingan Resmi Presiden Soeharto Dengan PM Australia, John Gorton, diumumkan Sore ini Dalam Bentuk Komunike Bersama Bertempat di Istana Merdeka.

♠ Dipublikasikan oleh Tim Kerja Media Cendana Nusantara ,
JUM’AT, 14 JUNI 1968

Presiden Soeharto pagi ini mengadakan perundingan resmi dengan PM Australia, John Gorton, bertempat di Istana Merdeka. Hasil perundingan resmi ini telah diumumkan sore ini dalam bentuk komunike bersama. Dalam komunike itu, kedua kepala pemerintahhan menyatakan bahwa stabilisasi dan kemajuan di Asia dan Pasifikk merupakan prasyarat bagi perdamaian dunia. kedua pemimpin itu sepakat bahwa Australia dan Indonesia hendaknnya mengadakan kerjasama erat untuk mencapai tujuan-tujuan stabilisasi dan kemajuan kedua negara. mereka juga mengakui pentingnya kerjasama regional di bidang-bidang yang luas bagi kehidupan nasional masing-masing.

Malam ini Presiden dan Ibu Soeharto menghadiri jamuan makan malam yang diakan PM dan Nyonya Gorton untuk Presiden dan Ibu Soeharto di Hotel Indonesia. Dalam pidato balasannya, Presiden Soeharto menyatakan penghargaannya kepada PM Gorton yang dalam kunjungan ke Indonesia telah dapat lebih memahami masalah-masalah yang dihadapi lndonesia. Pengertian itu tampak jelas dalam pembicaraan-pembicaraan yang diadakan tadi pagi, khususnya mengenai hubungan kedua negara dan usaha-usaha Indonesia untuk memperbaiki prasarana ekonomi.

Publikasi, Lita.SH