PUSAT DATA JENDERAL BESAR HM. SOEHARTO

---

Amanat Presiden Soeharto di Acara Pembukaan Rapat Kerja Departemen Agama Dan Upacara Pembukaan Lokakarya Nasional Riset dan Teknologi ke-3 di Jakarta.

♠ Dipublikasikan oleh Tim Kerja Media Cendana Nusantara ,
SENIN, 14 JUNI 1982

Dalam amanat tertulisnya menyambut pembukaan Rapat Kerja Departemen Agama di Jakarta, hari ini Presiden Soeharto mengatakan bahwa pembangunan kehidupan agama di negeri ini adalah bagian yang tak terpisahkan dari pembangunan nasional Indonesia. Selanjutnya dikatakan bahwa salah satu segi yang penting dalam pembangunan kehidupan agama ini adalah masalah pembinaan kerukunan hidup beragama. Dalam hubungan ini, Presiden menegaskan bahwa negara kita menjamin terlaksananya kemerdekaan melaksanakan ibadah menurut agama dan kepercayaannya itu.

Sementara itu, dalam sambutan tertulisnya pada upacara pembukaan Lokakarya Nasional Riset dan Teknologi ke-3 di Jakarta hari ini, Kepala Negara mengatakan bahwa pendekatan dan pemcahan masalah manusia dari satu sudut saja tidak akan pernah memuaskan, lebih-lebih lagi karena yang ingin kita bangun adalah masalah Indonesia seutuhnya. Karena itu jika dalam menggerakkan pembangunan itu kita memerlukan manfaat riset dan teknologi, maka pendekatannya juga harus dilakukan dari berbagai sudut. Disamping itu agar dapat mendorong pembangunan sebaik-baiknya, maka arah dan bidang-bidang riset yang ditangani perlu secara berkala disempurnakan agar sesuai dengan kebutuhan setiap tahun pembangunan. demikian antara lain dikemukakan Kepala Negara.

Publikasi, Lita.SH