PUSAT DATA JENDERAL BESAR HM. SOEHARTO

---

Tekad Indonesia Untuk Menggali dan Mengolah Segala Kekayaan Alamnya Untuk Kemakmuran dan Kesejahteraan Seluruh Rakyatnya.

♠ Dipublikasikan oleh Tim Kerja Media Cendana Nusantara ,
SENIN, 16 MEI 1983

Presiden Soeharto pagi ini membuka Konferensi dan Pameran Internasional Gas Alam Cair ke-7 di Balai Sidang Senayan, Jakarta. dalam amanatnya, Kepala Negara mengatakan bahwa Indonesia bertekad untuk menggali dan mengolah segala kekayaan alamnya untuk kemakmuran dan kesejahteraan seluruh rakyatnya. Untuk itu diperlukan modal yang besar, teknologi yang maju serta keterampilan yang tinggi. Oleh karena sarana-sarana yang demikian belim sepenuhnya dimiliki, maka Indonesia membuka pintu untuk bekerjasama dengan perusahaan-perusahaan asing,

Akan tetapi Kepala Negara menegaskan bahwa dalam pelaksanaan kerjasama itu harus keuntungan-keuntungan yang layak kepada kawan kerjasama, disamping memberikan kemanfaatan yang maksimal kepada negara dan rakyat Indonesia, termasuk kemungkinan peningkatan kemampuan nasional dan alih teknologi. Diingatkannya pula bahwa harus tiba saatnya nanti segala kekayaan alam dan potensi ekonomi Indonesia sepenuhnya dapat digali dengan kemampuan, kepandaian, keterampilan, keuletan dan kemauan bangsa Indonesia sendiri. Demikian antara lain dikatakan oleh Presiden Soeharto.

Publikasi, Lita.SH