PUSAT DATA JENDERAL BESAR HM. SOEHARTO

---

Peringatan Hari Kebangkitan Nasional Kepala Negara mengingatkan Wawasan Kebangsaan Tidak Berarti Kita Menutupi Diri dari Luar ,dan Berkembang Menjadi Bagian yang Bertanggung Jawab Dari Kebudayaan Umat Manusia di Zaman ini dan di zaman Yang Akan Datang.

♠ Dipublikasikan oleh Tim Kerja Media Cendana Nusantara ,
JUMAT, 20 MEI 1988

Presiden dan Ibu Soeharto pada jam 09.00 pagi ini menghadiri acara peringatan Hari Kebangkitan Nasional yang diadakan di Balai Sidang, Jakarta. dalam kata sambutannya, Kepala Negara antara lain mengingatkan bahwa dengan wawasan kebangsaan tidak berarti kita menutupi diri dari luar, yang dengan sadar harus kita serap agar kita mampu berkembang menjadi bagian yang bertanggungjawab dari kebudayaan umat manusia di zaman ini dan di zaman-zaman yang akan datang. Diantara nilai-nilai dari luar itu adalah asas-asas organisasi modern serta ilmu pengetahuan dan teknologi. 

Lebih jauh dikemukakan Presiden bahwa sejarah kita menunjukkan bahwa kita adalah bangsa yang mampu menyerap nilai-nilai dari luar. Bukan untuk menghilangkan nilai-nilai kita sendiri yang luhur, bukan untuk menghilangkan kepribadian kita, melainkan untuk memperkaya nilai-nilai luhur kita sendiri dan menjadikan kita bangsa yang sanggup mengejar kemajuan.

Publikasi, Lita.SH