PUSAT DATA JENDERAL BESAR HM. SOEHARTO

---

Dalam rangka Peringatan Hari Kebangkitan Nasional Presiden Soeharto Meresmikan Gedung Pola Sebagai Gedung Perintis Kemerdekaan.

♠ Dipublikasikan oleh Tim Kerja Media Cendana Nusantara ,
MINGGU, 20 MEI 1979

Dalam rangka peringatan hari kebangkitan Nasional, malam ini Presiden Soeharto meresmikan Gedung Pola sebagai Gedung Perintis Kemerdekaan. Avara yang berlangsung mulai jam 19.30 sampai jam 21.00 itu antara lain dihadiri Ibu Soeharto dan beberapa Perintis Kemerdekaan yang masih tinggal.

Dalam amanatnya, Kepala Negara mengatakan bahwa dijadikannya Gedung Pola sebagai Gedung Perintis Kemerdekaan adalah untuk melestarikan penghargaan kita kepada para Perintis Kemerdekaan. Walaupun diakuinya bahwa langkah ini mungkin agak terlambat, karena jumlah Perintis Kemerdekaan yang masih tinggal makin hari makin berkurang, namun dipandangnya tetap penting sebagai tanda bahwa kita tidak ingin melupakan mereka. Mereka akan tetap merupakan kebanggaan kita, demikian ditekankan oleh Presiden.

Pada kesempatan itu Kepala Negara mengharapkan agar para Perintis Kemerdekaan yang masih tinggal dapat mewariskan semangat dan pengalaman mereka kepada generasi muda yang akan tampil kedepan memegang kendali kepemimpinan bangsa kita di masa depan. Hal ini karena, demikian Presiden, salah satu cara untuk mewujudkan masa depan yang lebih baik adalah dengan meresapi dan menghayati kembali semangat kepeloporan dan jiwa pengorbanan para perintis kemerdekaan kita.

Publikasi, Lita.SH