PUSAT DATA JENDERAL BESAR HM. SOEHARTO

---

Jejak Langkah Pak Harto 10 Juli 1972 - 10 Juli 1981

♠ Dipublikasikan oleh Tim Kerja Media Cendana Nusantara ,,,

Senin, 10 Juli 1972
Presiden Soeharto hari ini berada di Jawa Timur antara lain untuk meresmikan Pabrik Semen Gresik dan Pabrik Tepung Bogasari, masing-masing di Gresik dan Surabaya. Ketika meresmikan pabrik Bogasari, Presiden mengatakan bahwa ribuan proyek pembangunan telah dibangun selama tiga tahun pelaksanaan Repelita, dan di masa depan masih jauh lebih banyak lagi proyek-proyek yang harus dibangun. Dengan demikian makin luas pula tugas-tugas yang harus dikerjakan bangsa Indonesia.

Sabtu, 10 Juli 1976
Selama hampir 1 jam, Presiden Soeharto menerima Gubernur Irian Jaya, Sutran, di Istana Merdeka. Gubernur Sutran menghadap untuk melaporkan tentang gempa bumi yang terjadi di daerahnya baru-baru ini. Dilaporkannya kepada Presiden bahwa akibat gempa bumi itu terasa dengan parah di Kabupaten Jaya Wijaya, yaitu daerah Eipomek dan Nalca, keduanya di Kecamatan Kurima, disamping Bine dan Okbab yang terletak di Kecamatan Okbibah.

Kepala Negara sangat prihatin akan musibah itu, dan menyatakannya sebagai bencana nasional. Dalam hubungan ini Presiden menyerukan agar semua pihak memberikan bantuan yang serius. Sementara itu Kepala Negara memberikan bantuan sebesar Rp. 100 juta; dana tersebut akan dipergunakan oleh pemerintah daerah untuk memindahkan penduduk dari beberapa daerah yang dilanda gempa tersebut.

Jum’at, 10 Juli 1981
Presiden Soeharto memberikan bantuan Rp. 10 juta kepada Pesantren Rabithah di Lombok Barat, NTB. Bantuan itu dimaksudkan sebagai biaya pembangunan sebuah asrama pelajar.

Penyusun : Gani Khair