PUSAT DATA JENDERAL BESAR HM. SOEHARTO

---

1981-10-10 Presiden Soeharto: Pelihara Disiplin Pegawai dengan Mendidik

♠ Dipublikasikan oleh Tim Kerja Media Cendana Nusantara ,,

Presiden Soeharto: Pelihara Disiplin Pegawai dengan Mendidik[1]





SABTU, 10 OKTOBER 1981, Pukul 10.00 pagi ini Presiden Soeharto menerima Menteri PPLH, Emil Salim, di Bina Graha. Menteri Emil Salim menghadap Kepala Negara untuk melapor mengenai persiapan perencanaan dan pelaksanaan pengawasan dalam menghadapi pelaksanaan anggaran tahun 1982/1983. Usai melapor, ia mengatakan bahwa tidak benar ada departemen yang besar anggarannya telah diperiksa lebih dahulu karena kurang baik pengelolaannya. Menurut Emil Salim, pemeriksaan telah dilaksanakan terhadap 90% dari proyek-proyek yang ada; dalam hal ini, Pemerintah tidak ragu-ragu didalam pemberantasan korupsi.

Dikatakan juga oleh Emil Salim bahwa Presiden meminta kepadanya untuk melakukan penelitian kembali atas hasil-hasil pemeriksaan yang sudah selesai dilakukan, serta diadakan tindakan pencegahan. Diinstruksikan pula oleh Kepala Negara agar ia mengusahakan ikhtiar yang bersifat mendidik sebagai langkah untuk memelihara disiplin pegawai negeri. (AFR)






[1] Dikutip dari buku “Jejak Langkah Pak Harto 29 Maret 1978 – 11 Maret 1983″, hal 478-479. Buku ini ditulis oleh Team Dokumentasi Presiden RI, Editor: G. Dwipayana & Nazarudin Sjamsuddin dan diterbitkan PT. Citra Kharisma Bunda Jakarta, Tahun 2003.