PUSAT DATA JENDERAL BESAR HM. SOEHARTO

---

1972-10-10 Presiden Soeharto Serahkan Kapal Coaster Kepada Gubernur Sulawesi Utara

♠ Dipublikasikan oleh Tim Kerja Media Cendana Nusantara ,,

Presiden Soeharto Serahkan Kapal Coaster Kepada Gubernur Sulawesi Utara[1]




SELASA, 10 OKTOBER.1972, Dalam sidang Sub-Dewan Stabilisasi Ekonomi di Bina Graha hari ini, Presiden Soeharto menginstruksikan Bulog agar dalam menghadapi hari raya Idul Fitri, harga sembilan bahan kebutuhan pokok tetap stabil. Sementara itu Menteri Perhubungan diinstruksi untuk mengkoordinasikan alat angkutan kereta api dan jalan raya sehingga dapat memberikan pelayanan untuk pengangkutan bahan­bahan dari daerah produksi ke daerah konsumen.

Pagi ini di Bina Graha Presiden Soeharto telah menyerahkan secara simbolis sebuah kapal jenis coaster kepada Gubernur Sulawesi Utara, HV Worang. Kapal tersebut akan dipergunakan untuk memperlancar perhubungan laut di Sulawesi Utara.

Ketika menyerahkan kapal tersebut Presiden menegaskan kembali kebijaksanaan pemerintah mengenai kapal-kapal di bawah 1.000 ton yang harus dibuat dan dibeli di dalam negeri. Dari kebijaksanaan ini diharapkan bahwa pembuatan kapal dengan tonase yang lebih besar tidak akan sulit, asalkan fasilitas-fasilitas yang diperlukan tersedia. Dikatakan pula bahwa dengan pemesanan di dalam negeri maka berarti memberikan pengalaman kepada galangan-galangan kapal di dalam negeri. (AFR)





[1] Dikutip langsung dari buku “Jejak Langkah Pak Harto 28 Maret 1968-23 Maret 1973″, hal 476. Buku ini ditulis oleh Team Dokumentasi Presiden RI, Editor: G. Dwipayana & Nazarudin Sjamsuddin dan diterbitkan PT. Citra Kharisma Bunda Jakarta Tahun 2003.