PUSAT DATA JENDERAL BESAR HM. SOEHARTO

---

1984-02-01 Sidang Kabinet, Pemerintah Putuskan Pengembangan Tambak Udang TIR di Jabar, Riau, Jatim dan Sulsel

♠ Dipublikasikan oleh Tim Kerja Media Cendana Nusantara ,,
Sidang Kabinet, Pemerintah Putuskan Pengembangan Tambak Udang TIR di Jabar, Riau, Jatim dan Sulsel[1]



RABU, 1 FEBRUARI 1984, Pagi ini, bertempat di Bina Graha, Presiden Soeharto memimpin sidang kabinet terbatas bidang Ekuin. Salah satu keputusan yang diambil didalam sidang hari ini adalah kenaikan gaji pegawai negeri, anggota ABRl, dan pensiunannya. Kenaikan itu ditetapkan sebesar 15% dan mulai berlaku pada tanggal 1 Februari 1984. Menurut rencana sebelumnya, kenaikan gaji ini baru akan diberlakukan pada tanggal 1 April yang akan datang, tetapi dalam sidang hari ini Presiden menghendaki agar diberlakukan bulan ini juga.

Diantara kebijaksanaan lain yang diambil oleh kabinet dalam sidang terbatas ini adalah pemantapan harga minyak goreng. Dengan kata lain, Pemerintah akan mengusahakan supaya tidak ada kenaikan harga minyak goreng, karena komoditi ini merupakan kebutuhan rakyat. Juga diputuskan bahwa Pemerintah akan mengembangkan tambak udang melalui TIR tambak udang seluas 5.000 hektar di Kecamatan Batujaya, Karawang, Jawa Barat. Pemerintah juga akan mengembangkan tambak udang di Riau, Jawa Timur, dan Sulawesi Selatan. (AFR)



-----
[1] Dikutip langsung dari buku "Jejak Langkah Pak Harto 16 Maret 1983 – 11 Maret 1988", hal 117. Buku ini ditulis oleh Team Dokumentasi Presiden RI, Editor: G. Dwipayana & Nazarudin Sjamsuddin dan diterbitkan PT. Citra Kharisma Bunda Jakarta Tahun 2003