PUSAT DATA JENDERAL BESAR HM. SOEHARTO

---

Kunjungan Tidak Resmi Presiden ke India

♠ Dipublikasikan oleh Tim Kerja Media Cendana Nusantara ,,,,
Sabtu, 16 November  1985 --- Pagi ini, waktu setempat Presiden, Soeharto dan rombongan mendarat di Pangkalan Angkatan Udara Palam, India. Perdana Menteri Rajiv Gandhi, yang mengundang Presiden Soeharto untuk mampir disana dalam perjalanan kembali ke Indonesia, menyambut Presiden dan rombongan di pangkalan udara itu.

Kunjungan Presiden ke India ini merupakan kunjungan tidak resmi yang dilakukan atas permintaan Perdana Menteri India Rajiv Gandhi. Di pangkalan udara ini juga keduannya mengadakan pembicaraan tidak resmi, baik menyangkut hubungan bilateral, masalah-masalah regional dan internasional. Mengenai hubungan bilateral antara lain telah dibahas masalah kerjasama ekonomi antara kedua negara; antara lain disinggung soal bantuan India kepada Pabrik Semen Padang. Sedangkan mengenai aspek internasional, telah dibahas masalah Gerakan Non-Blok. Disepakati bahwa kedua negara akan selalu berusaha menjaga kemurnian gerakan tersebut. 

Usai pembicaraan, Presiden dan rombongan langsung terbang ke tanah air. Pesawat yang ditumpangi Kepala Negara dan rombongan mendarat di pelabuhan udara internasional Halim Perdanakusuma petang ini.




Sumber : Buku Jejak Langkah Pak Harto Jilid 1-6
Publikasi : Oval Andrianto