PUSAT DATA JENDERAL BESAR HM. SOEHARTO

---

Indeks Harga Bulan Oktober Menujukan Harga Kenaikan Besar

♠ Dipublikasikan oleh Tim Kerja Media Cendana Nusantara ,,,,
Rabu, 5 November 1986 --- Presiden Soeharto  menginstruksikan Menteri Pertanian, Menteri Dalam Negeri, Menteri Negara Perencanaan Pembangunan Nasional/Ketua Bappenas, Menteri Penerangan dan Menteri Muda Urusan Peningkatan Produksi untuk melakukan kerjasama dan koordinasi sebaik-baiknya, guna mengatasi hama wereng  coklat yang  berkembang populasinya di beberapa daerah belakangan ini.

Instruksi ini dikeluarkan dalam sidang kabinet terbatas bidang Ekuin yang dipimpin Presiden Soeharto hari ini di bina Graha. Instruksi yang bertujuan untuk melestarikan  swasembada pangan, terutama beras, itu dituangkan dalam Instruksi Presiden No.3 Tahun 1986. Sementara itu didalam sidang tersebut , Presiden telah menugaskan Menteri Pertanian untuk melaksanakan pengendalian   hama dan penyakit padi dengan menerapkan konsepsi pengendalian hama terpadu.

Dalam sidang hari ini juga dilaporkan bahwa indeks harga konsumen di Indonesia untuk bulan Oktober  1986 menunjukan kenaikan harga sebesar 2,03%; hal ini karena terjadinya kenaikan harga kelompok makanan, perumahan, kelompok sandang serta kelompok aneka barang dan jasa. Inflasi tahun anggaran (mulai April) dengan demikian mencapai sebesar 6,42%  sampai dengan bulan Oktober dan inflasi tahun takwin (mulai Januari) sebesar 7,95%. Mengenai jumlah uang yang beredar sampai minggu kedua Juli 1986  dilaporkan sebanyak Rp 10,4 triliun.


Sumber : Buku  Jejak Langkah Pak Harto Jilid 1-6
Publikasi : Oval Andrianto
Editor : Sukur Patakondo