PUSAT DATA JENDERAL BESAR HM. SOEHARTO

---

Presiden Soeharto Menghadiri Panen Raya Mutiara di NTB

♠ Dipublikasikan oleh Tim Kerja Media Cendana Nusantara ,,,,
Rabu, 15 Oktober 1986 --- Presiden dan Ibu Soeharto hari ini melakukan kunjungan kerja sehari di NTB untuk menghadiri panen raya mutiara di desa Tanjung Bero, Kecamatan Taliwang, Sumbawa. Pengusahaan mutiara didaerah ini dilakukan oleh PT Paloma Agung yang melibatkan para nelayan setempat didalam operasinya.

Menyambut panen raya mutiara itu, Kepala Negara mengatakan bahwa budidaya mutiara perlu digalakkan dalam usaha kita memperbesar ekspor non-migas. Disamping itu, dengan pengembangan budidaya mutiara, maka sekaligus kita tingkatkan penghasilan nelayan yang ikut dalam usaha ini. Usaha pembudidayaan ini memperluas lapangan kerja.

Selanjutnya dikatakan oleh Presiden, agar pengembangan budidaya mutiara ini benar-benar dimanfaatkan bagi rakyat banyak, maka pemerintah telah menggariskan bahwa siput muda yang akan dibudidayakan haruslah ditangkap oleh para nelayan setempat sedangkan pengusaha hanya diperbolehkan menumpang hasil tangkapan nelayan itu. Demikian pula, siput mutiara  yang telah mati tidak boleh dibuang bgitu saja, karena dapat dimanfaatkan oleh pengrajin.

Sumber : Buku Jejak Langkah Pak Harto Jilid 1-6
Publikasi : Oval Andrianto