PUSAT DATA JENDERAL BESAR HM. SOEHARTO

---

Presiden Soeharto Dinilai Berhasil Dalam Memimpin Negara Sesuai Pancasila

♠ Dipublikasikan oleh Tim Kerja Media Cendana Nusantara ,,,,
Senin, 21 Oktober 1974

Raja Boudewijin dan Ratu Fabiola dari Belgia tiba di Jakarta hari ini memulai kunjungan kenegaraan di Indonesia. Di lapangan Udara Internasional Halimperdanakusuma, tamu negara itu disambut oleh Presiden dan Ibu Soeharto, Para menteri, pimpinan lembaga-lembaga tertinggi negara, dan korps diplomatik. Tamu negara itu akan berada di Indonesia selama 13 hari.

Untuk menghormati kunjungan Raja Boudwejin  dan Ratu Fabiola, malam ini Presiden dan Ibu Soeharto menyelenggarakan jamuan makan malam di Istana Negara. Dalam amanatnya presiden Soeharto antara lain mengemukakan bahwa kunjugan Raja dan Ratu Belgia ini akan menambah eratnya hubungan persahabatan, saling pengertian, dan kerjasama antar kedua bangsa dan negara. Pada kesempatan itu, Presiden Soeharto juga mengatakan bahwa bangsa Indonesia tidak melupakan peranan belgia dalam rangka komisi jasa baik PBB yang meratakan jalan kearah pengakuan Internasional terhadap kemerdekaan Indonesia yang ketika itu baru diproklamasikan. Dikemukakan pula oleh Kepala Negara bahwa pembangunan yang sedang berlangsung di Indonesia sekarang ini juga mendapat bantuan dari Belgia melalui IGGI, bantuan teknis, bantuan pangan., penanaman modal  dan lain-lain, yang kesemuanya mencermikan kesediaan pemerintah dan rakyat Belgia untuk menyertai bangsa Indonesia dalam membangun masa depanya.

Sementara itu dalam pidato balasanya, Raja Boudwejin mengatakan bahwa dalam rangka kerjasama pembangunan melalui lembaga internasional, terutama MEE, Belgia sedang berusaha keras untuk memberikan kesempatan yang wajar bagi produk-produk Indonesia melalui perlakuanya yang tidak berat sebelah. Ia juga menyambut dengan gembira adanya politik yang erat antara Indonesia dan Belgia, baik dalam bidang politik, ekomnomi, maupun kebudayaan. Pada kesempatan itu ia memuji Presiden Soeharto yang dinilainya sangat berhasil dalam memimpin negara sesuai dengan Pancasila menuju arah kemajuan.


Sumber : Buku Jejak langkah Pak Harto Jilid 1-6
Publikasi : Oval Andrianto