PUSAT DATA JENDERAL BESAR HM. SOEHARTO

---

Pelantikan Soeharto Sebagai Menpagad yang Baru

♠ Dipublikasikan oleh Tim Kerja Media Cendana Nusantara ,,,,
Sabtu, 16  Oktober 1965 --- Pagi ini Presiden Soekarno melantik Mayjen. Soeharto sebagai menpagad yang baru di Istana Merdeka, Sekaligus menaikan pangkatnya menjadi letnan jenderal. dalam kata sambutanya, Prsiden Soekarno menyuruh kepada seluruh rakyat agar tetap waspada dan jangan sampai terpaku dalam melaksanakan tugas revolusi hanya karena terjadinya peristiwa yang dilakukan oleh petualang G-30S. Dalam mengatasi akibat-akibat yang ditimbulkan, hendaknya kita semua tetap memelihara ketertiban dengan sebaik-baiknya, jangan sampai kita kehilangan akal sehat. Sebaliknya, malahan kita harus mempertinggi kewaspadaan dan kosentrasi seluruh pikiran dan tenaga sebaik-baiknya agar revolusi kita yang maha dahsyat ini tetap berjalan menuju cita-cita yang telah kita rumuskan bersama.  Demikian Presiden Soekarno.

Pengangkatan Letjen. Soeharto manjadi Menpagad mendapat sambutan hangat dari rakyat. Sehubungan dengan itu PB-NU kemarin menyatakan memberikan dukungan dan bantuan kepada pembantu keamanan serta ketertiban umum sesuai dengan garis  kebijaksanaan yang di tetapkan Presiden Soekarno. Hari ini bermunculan dukungan-dukungan dari berbagai pihak. PP Muhammadiyah misalnya,  dalam kawatnya kepada Jenderal Soeharto, menyatakan keyakinannya bahwa Menpagad Letjen. Soeharto pasti akan dapat memulihkan ketertiban dengan segera.

Sementara itu ribuan dari kaum muslimin dan muslimat ibukota Jakarta yang menghadiri tabligh di Masjid Kwitang pagi ini mengeluarkan pernyataan dukungan untuk Letjen. Soeharto. dalam pernyataan yang ditandatangani oleh habib Muhammad Al Habsy, dikatakan bahwa para alim ulama umat Islam ibukota dengan gembira dan penuh rasa syukur menyambut pengangkatan Letjen. Soeharto sebagai Mengpagad. " kami percaya bahwa Presiden Soekarno telah menempatkan kepercayaan di bahu yang tepat. kami umat islam yakin bahwa Letjen. Soeharto dengan bantuan ABRI dan seluruh rakyat berhasil menumpas G-30-S/PKI sampai ke akar-akarnya.

Dalam pada itu hari ini juga Letjen. Soeharto selaku Pangkopkamtib, menyeruhkan seluruh rakyat untuk menciptakan suasana tenang dan teteram. Kepada rakyat diminta untuk menjauhi diri dari segala bentuk hasutan dan fitnah, dan memencilkan golongan petualang G-30S/PKI. Diminta pula oleh Jenderal Soeharto agar usaha-usaha keamanan di RK dan RT diperigat dibawah bimbingan alat negara, agar semua alat produksi, distribusi, dan komunikasi diamankan/dicegah dari sabotase, petualangan dan pencolengan.


Sumber : Buku Jejak Langkah Pak Harto Jilid 1-6
Publikasi : Oval Andrianto