PUSAT DATA JENDERAL BESAR HM. SOEHARTO

---

Organisasi Songgobuono Telah Ditangkap

♠ Dipublikasikan oleh Tim Kerja Media Cendana Nusantara ,,,,
Senin, 31 Oktober 1977 --- Presiden Soeharto hari ini di Bina Graha menerima Pangkowilhan II, Letjen, Widodo, yang melaporkan tentang situasi keamanan daerah, terutama di Pulau Jawa. Pangkowilhan menjelaskan kepada wartawan bahwa keamanan di daerah Pulau Jawa cukup dinamis dalam arti dinamika dalam masyarakat bisa tertampung dan diberi kesempatan untuk menyalurkan aspirasi-aspirasinya.

Selain itu, dikatakannya bahwa tokoh Organisasi “Songgobuono” yang ada di Jawa Timur telah ditangkap; orang tersebut telah di bina oleh tokoh PKI di Lamongan. Bahkan pengurus Organisasi yang terdiri 20 orang itu, diantaranya 12 orang sudah ditangkap, dan dari 12 tersebut, ada 7 orang aktivis PKI. Dijelaskan pula bahwa Organisasi ini dalam gerakannya memperlihatkan permainan Hipnotis dan telepati guna menarik orang agar masuk kedalam organisasi itu. Juga Organisasi  Sapu Angin yang berada di Jawa Tengah telah berhasil dibongkar. Dari hasil penyidikan ternyata 7 orang pengurusnya adalah orang-orang PKI yang dicari sejak tahun 1966.

Presiden soeharto menetapkan pemberian bantuan pangan dan benih Padi serta proyek padat karya secara cuma-cuma bagi daerah paceklik dan kekeringan didaerah Jawa Tengah. Bantuan Presiden berupa Beras yang dibagikan cuma-cuma sebanyak  1.190 ton dan 2.000 ton lainnya untuk persediaan dilumbang paceklik yang ada di 100 desa yang tersebar di Jawa Tengah. Bantuan lain berupa 60 buah proyek padat karya, permodalan kepada 28 KUD untuk kredit candak kulak, 248 ton bibit padi dan 8 ton benih jangung.


Sumber : Buku Jejak Langkah Pak Harto Jilid 1-6
Publikasi : Oval Andrianto
Editor : Sukur Patakondo