PUSAT DATA JENDERAL BESAR HM. SOEHARTO

---

Golkar Merupakan Sarana Utama Mewujudkan Demokrasi di Indonesia

♠ Dipublikasikan oleh Tim Kerja Media Cendana Nusantara ,,,,
Jum'at, 20 Oktober 1978 --- Bertempat di Pertamina Cottage, pantai Kuta, Bali, pukul 10.00 Pagi in Presiden Soeharto membuka musyawarah Nasional Golkar. Musyawarah Nasional ini di adakan dalam memperingati ulang tahun Golkar yang ke-41

Dalam amanatnya, Kepala Negara antara lain mengatakan bahwa sebagai suatu kekuatan politik, Golkar merupakan sarana utama dalam mewujudkan kehidupan demokrasi di Indonesia. Inti kehidupan demokrasi adalah prinsip kadaulatan rakyat. Oleh karena itu Golkar harus benar-benar berorientasi kepada rakyat, yang harus tampak dalam usaha-usaha mewujudkan masyarakat Pancasila yang kita cita-citakan.

Hal ini sengaja dikemukakan oleh Presiden sebab masalah ini merupakan masalah yang strategis, lebih-lebih kalau dikatakan dengan ahun-tahun pelaksanaan Replita III yang merupakan tahun-tahun yang menetukan kemungkinan barhasilnya pembangunan jangka panjang kita harus mempunyai wawasan jauh ke depan. kita harus mampu meletakan landasan yang kokoh untuk kehidupan demokrasi Pancasila. Demikan Presiden.


Sumber : Buku Jejak Langkah Pak Harto Jilid 1-6
Publikasi : Oval Andrianto