PUSAT DATA JENDERAL BESAR HM. SOEHARTO

---

Presiden Soeharto Mengadakan Perombakan Kabinet Pembangunan

♠ Dipublikasikan oleh Tim Kerja Media Cendana Nusantara ,,,,

Kamis, 9 September 1971 --- Presiden Soeharto mengadakan reshuffle (perombakan) Kabinet Pembangunan dalam mana ia memberhentikan empat orang menteri dan mengangkat enam orang lainnya. Menteri-menteri yang diganti adalah Menteri Agama KHM Dachlan, Menteri Tenaga Kerja Laksamana Madya (L) Mursalin DM, Menteri Transmigrasi dan Koperasi Letjen.Sarbini dan Menteri Negara Penyempurnaan dan Pembersihan Aparatur Negara H Harsono Tjokroaminoto.
Menteri-menteri baru yang diangkat adalah Prof. Dr. Mukti Ali sebagai Menteri Agama, Prof. Dr. M Sadli sebagai Menteri Tenaga Kerja merangkap Ketua Panitia Teknis Penanaman Modal Asing, Prof. Dr. Widjojo Nitisastro sebagai Menteri Negara Urusan Perencanaan dan Pembangunan merangkap Ketua Bappenas. Selain itu juga diangkat Jenderal M Panggabean sebagai Menteri Negara yang membantu Presiden dalam urusan pertahanan dan keamanan merangkap sebagai Wapangab, dan Dr. Emil Salim sebagai Menteri Negara Penyempurnaan dan Pembersihan Aparatur Negara merangkap Wakil Ketua Bappenas, sedangkan HMS Mintaredja SH menjadi Menteri Sosial. Jabatan Menteri Negara Penghubung Pemerintah dengan MPRS/DPR-GR/DPA dihapuskan.
Dalam pengumuman tersebut, Presiden Soeharto menjelaskan bahwa dengan penggantian beberapa menteri ini, tidak berarti dibentuknya kabinet baru. Penggantian jabatan ini hanyalah untuk meningkatkan pelaksanaan tugas Kabinet Pembangunan. Oleh sebab itu, demikian Presiden, sebagian besar menteeri baru adalah mereka-mereka yang sejak semula telah ikutserta secara langsung dalam melaksanakan kebijaksanaan-kebijaksanaan pemerintah, khususnya di bidang ekonomi dan pembangunan.

Sumber : Buku Jejak Langkah Pak Harto Jilid 1-6
Publikasi : Rayvan Lesilolo