PUSAT DATA JENDERAL BESAR HM. SOEHARTO

---

Presiden Soeharto Membuka Lomba dan Pameran Ternak Nasional III

♠ Dipublikasikan oleh Tim Kerja Media Cendana Nusantara ,,,,


Jum’at 15 September 1978 --- Pagi ini di Kartosuro, Jawa Tengah, Presiden Soeharto membuka dengan resmi Lomba dan Pameran Ternak Nasional III, yang meliputi sapi perah, sapi potong dan unggas. Dalam kata sambutannya Presiden mengatakan bahwa penyelenggaraan lomba dan pameran ternak kali ini merupakan peningkatan yang baik sekali, karena itu dimintanya agar tradisi lomba dan pameran ternak ini hendaknya dapat dilanjutkan dan dilembagakan. Dengan demikian diharapkan lomba dan pameran semacam ini akan benar-benar memberikan manfaat pendidikan dan penyuluhan bagi para peternak khususnya, dan masyarakat luar pada umumnya.
Selanjutnya Kepala Negara mengingatkan para peternak khususnya dan masyarakat tani pada umunya bahwa kebutuhan akan hasil ternak akan terus meningkat, baik untuk keperluan dalam negeri maupun ekspor. Oleh karena itu, kata Presiden, penggalakan usaha dibidang peternakan benar-benar diperlukan. Dalam hubungan ini Presiden Soeharto melihat ada lima hal yang perlu dikembangkan.
Pertama, penyediaan bibitternak  unggul, yaitu jenis ternak yang berbadan gemuk-padat, sehat, tahan penyakit, dan cocok dengan keadaan iklim Indonesia. Kedua, [enyediaan makanan ternak yang cukup dan bermutu tinggi. Ketiga, penyediaan obat dan vaksin. Keempat, penyuluhan kepada para peternak mengenai pengetahuan dan keterampilan dalam usaha peternakan. Kelima, usaha-usaha pemasarannya.

Sumber : Buku Jejak Langkah Pak Harto Jilid 1-6
Publikasi : Rayvan Lesilolo