PUSAT DATA JENDERAL BESAR HM. SOEHARTO

---

Presiden dan Ibu Soeharto Menghadiri Upacara Pengambilan Sumpah dan Janji Anggota MPR/DPR

♠ Dipublikasikan oleh Tim Kerja Media Cendana Nusantara ,,,,,


Jum’at, 1 Oktober 1982 --- Presiden dan Ibu Soeharto pagi ini menghadiri upacara pengambilan sumpah/janji para anggota MPR/DPR di Dedung MPR/DPR Senayan, Jakarta. Dalam amanatnya, Presiden antara lain telah mengungkapkan beberapa pedoman pokok yang digunakannya didalam merancang GBHN yang diajukannya. Pertama, kita memandang pembangunan bangsa kita dalam arti yang seluas-luasnya, sebagai langkah nyata untuk mendekati cita-cita kemerdekaan. Ini berarti kita memandang pembangunan sebagai pengalaman Pancasila baik di bidang politik, sosial, budaya dan perrtahan keamanan. Dengan sikap dasar ini kita meletakkan pembangunan bangsa itu pada kerangka sejarah yang ada kesinambungannya dengan cita-cita kemerdekaan.
Kedua, kita memandang tahap pembangunan lima tahun mendatang sebagai kesinambungan, peningkatan dan perluasan dari segala hassil positif yang dapat kita capai hingga sekarang, dengan sekaligus mengadakan koreksi dan penyempurnaan yang diperlukan. Ini berarti yang telah baik kita lanjtkan  dan kita mantapkan, sedang yang belum baik akan kita perbaiki.
Ketiga, pembangunan kita pandang sebagai perjuangan untuk mencapai kemajuan dan kesejahteraan, yang kita jalankan secara sistematis dan berencana, secara realistis dan benar-benar didukung oleh kekuatan nyata bangsa kita. Ini berati dalam menyusun GBHN yang akan datang kita perlu memperhatikan hasil-hasil yang telah kita campai sampai sekarang ini, dengan menggali segala potensi yang dapat kita kembangkan secara maksimal dimasa datang.
Keempat, dengan pedoman-pedoman tersebut, tahap pembangunan yang akan datang memperrhatikan aspirasi-aspirasi dan keinginan rakyat. Dalam hal ini maka pengalaman, kritik keluhan dan harapan-harapan selama pemilihan umum yang lalu mendapat perhatian dan disalurkan secara positif, kreatif, dan realistis dalam penyusunan Rancangan GBHN ini.


Sumber : Buku Jejak Langkah Pak Harto Jilid 1-6
Publikasi : Rayvan Lesilolo