PUSAT DATA JENDERAL BESAR HM. SOEHARTO

---

Surat Kepercayaan Dari Dua Duta Negara Besar Untuk Presiden Soeharto di Terima di Istana Merdeka.

♠ Dipublikasikan oleh Tim Kerja Media Cendana Nusantara ,
KAMIS, 3 JUNI 1982

Secara berturut-turut pagi ini di Istana Merdeka Presiden Soeharto menerima surat-surat kepercayaan Duta Besar Jepang, Toshio Yamazaki, dan Duta Besar Sri Lanka, Kantiah Manikkalingam. Menyambut pidato Duta Besar Yamzaki, Kepala Negara mengatakan bahwa dalam usaha Indonesia mensukseskan pembangunan, Jepang sebagai bangsa yang lebih maju telah memberikan pengertian dan kerjasama yang besar, terutama dalam bidang ekonomi. Disamping itu sikap Jepang yang mendukung usaha-usaha ASEAN dalam menghadapi masalah-masalah di Asia Tenggara dan keinginan Jepang untuk ikut serta secara aktif menciptakan perdamaian dunia dan kemakmuran bangsa-bangsa, khususnya di wlayah Asia Pasifik, merupakan sumbangan yang sangat besar bagi terbinanya stabilitas di kawasan ini.

Sementara itu Duta Besar Manikkalingam, Presiden mengatakan bahwa kedua negara mempunyai banyak persamaan sikap dan pandangan dalam menghadapi berbagai persoalan internasional. Persamaan-persamaan itu meyakinkan Kepala Negara bahwa antara kedua negara akan selalu terjalin kerjasama dan pengertian yang makin baik di masa mendatang, baik dalam lingkup bilateral maupun dalam forum-forum internasional.

Jam 11.00 pagi ini Menteri Muda Urursan Pemuda, Abdul Gafur, diterima Presiden Soeharto di Istana Negara. Ia menghadap untuk melaporkan tentang rencana penyusunan buku sejarah pergerakan pemuda Indonesia. Usai bertemu Presiden, ia mengatakan bahwa Kepala Negara bersedia memberikan sumbangan pemikiran dan pengalamannya bagi penyusunan buku tersebut. Pada kesempatan itu Presiden menekankan kembali pentingnya sejarah pergerakan pemuda itu diketahui oleh masyarakat dan untuk generasi mendatang. Disarankan oleh Presiden agar buku itu hendaknyajangan hanya mengandung pengetahuan saja, tetapi juga dapat membangkitkan rasa patriotisme bangsa.

Publikasi, Lita.SH