PUSAT DATA JENDERAL BESAR HM. SOEHARTO

---

Presiden Soeharto Menerima Para Peserta Penataran Pemuda Tingkat Nasional Angkatan I bertempat di Istana Negara.

♠ Dipublikasikan oleh Tim Kerja Media Cendana Nusantara ,
RABU, 27 JUNI 1979

Presiden Soeharto pagi ini menerima para peserta Penataran Pemuda Tingkat Nasional Angkatan I bertempat di Istana Negara. dalam sambutannya, Kepala Negara antara lain mengatakan bahwa kita tidak perlu menipu diri bahwa Pancasila sudah terwujud sekarang ini. Dikatakan oleh Presiden bahwa GBHN sendiri memberi ancar-ancar kepada kita bahwa landasan masyarakat adil dan makmur berdasarkan Pancasila itu baru dapat kita letakkan setelah kita melaksanakan 5-6 Repelita yang terus menerus dan sambung menyambung.

Dikemukakannya bahwa apabila Pancasila itu belum terwujud, itu sama sekali tidak berarti Pancasila yang harus diganti dengan dasar negara yang lain. Apabila Pancasila belum terwujud, maka kita semua yang belum menghayati dan mengamalkannya secara semestinya. Karena itulah penataran-penataran dan gerakan unutuk merenungkan kembali gagasan dasar kita mengenai kehidupan kenegaraan dan kebangsaan kita ini harus kita lakukan bersama-sama. Demikian Presiden.

Pukul 10.00 pagi ini, Presiden Soeharto mengadakan pertemuan dengan para Menteri Koordinator. Pertemuan yang berlangsung di Istana Merdeka itu telah membahas masalah peningkatan kewaspadaan segenap aparat pemerintah dalam rangka pengawasan terhadap tahanan G-30-S/PKI yang sudah dibebaskan.

Menteri PPLH, Emil Salim, menghadap Presiden Soeharto siang ini di Istana Merdeka. Dalam pertemuan itu, Kepala Negara telah memberikan petunjuk agar pengawasan terhadap pelaksanaan Tebang Pilih Indonesia (TPI) diperketat. Begitu juga, Presiden menghendaki perlunya pengawasan yang lebih ketat terhadap pelaksanaan pengindonesiaan tenaga-tenaga asing di perusahaan-perusahaan yang mengelola hutan.

Publikasi, Lita.SH