PUSAT DATA JENDERAL BESAR HM. SOEHARTO

---

Peninjauan Presiden Soeharto di Sukamandi.

♠ Dipublikasikan oleh Tim Kerja Media Cendana Nusantara ,
KAMIS, 9 JUNI 1977

Pemerintah dalam tahun anggaran ini akan menyediakan kredit pupuk untuk membantu para petani yang tidak mampu menutupi kebutuhan pupuk yang diperlukan dalam rangka intensifikasi pertanian. Presiden Soeharto menjelaskan hal itu dalam peninjauannya di Sukamandi, dengan didampingi Menteri Pertanian Thojib Hadiwidjaja, Menteri Sekretaris Negara Sudharmono, dan Gubernur Jawa Barat Aang Kunaefi. Ia menyebutkan bahwa penggunaan pupuk yang tidak sesuai dengan dosisnya merupakan salah satu sebab tidak tercapainya sasaran produksi padi yang telah ditetapkan.

Presiden juga meminta Perum Sang Hiang Seri untuk membantu Direktorat Penyiapan Tanah Departemen PUTL didalam menyiapkan tanah bagi para transmigran. Disamping itu juga diminta untuk menyediakan bibit padi “gogo sagi” yang pernah dikembangkan di proyek tersebut dengan hasil empat ton.

Dalam peninjauan itu Kepala Negara sering kali duduk berjongkok mengamati keadaan tanah dan bibit yang baru tumbuh. Ia juga menaiki mesin menuai padi. Ketika melihat butir-butir padi yang jatuh, Presiden segera berjongkok dan mengais-ngais onggokan jerami untuk mencari butir-butir padi tersebut.

Di tiga kabupaten Pulau Sumbawa hingga bulan Juni ini tercatat 533 petani ternak yang mengontrak pemelharaan sapi bantuan Presiden Soeharto, demikian diungkapkan Kepala Dinas Peternakan Nusa Tenggara Barat di Ampenan baru-baru ini. Jumlah sapi itu menurut laporan terakhir telah berkembang biak dari 1,326 ekor menjadi 1,659 ekor.

Publikasi, Lita.SH