PUSAT DATA JENDERAL BESAR HM. SOEHARTO

---

Kebijaksanaan Deregulasi disampaiakan Presiden Soeharto Dalam Pembukaan Kongres XI Perbanas (Perhimpunan Bank-Bank Swasta) di Istana Negara.

♠ Dipublikasikan oleh Tim Kerja Media Cendana Nusantara ,
SENIN, 3 JUNI 1991

Pukul 10.00 pagi ini, Presiden Soeharto membuka Kongres XI Perbanas (Perhimpunan Bank-Bank Swasta) di Istana Negara. Pada kesempatan itu Presiden mengatakan bahwa kebijaksanaan deregulasi yang dimulai pada pertengahan tahun 1983 telah mengubah iklim dan pola berusaha perbankan Indonesia. Hal ini tampak pada kemajuan yang dicapai oleh perbankan yang sangat menggembirakan. Sejak dilancarkannya kebijaksanaan deregulasi itu telah terjadi perkembangan yang membesarkan hati dilihat dari sudut volume usaha, besarnya dana pihak ketiga yang dihimpun maupun pemberian kredit yang dapat disalurkan.


Dalam pada itu, sejak deregulasi lanjutan bulan Oktober 1988, peranan perbankan telah ditingkatkan melalui kemudahan untuk menambah jumlah bank, memperluas jaringan kantor serta meningkatkan efesiensi, efektifitas dan mutu pelayanannya. Disamping itu kesadaran masyarakat tentang fungsi dan peranan perbankan juga telah makin mantap dan meningkat.

Disamping itu, agar perbankan Indonesia dapat berkembang secara sehat, akhir-akhir ini telah dikeluarkan kebijaksanaan di bidang pengawasan dan pembinaan bank oleh Bank Indonesia. Selanjutnya, untuk memperkukuh landasan kerja bagi bank-bank dalam meningkatkan partisipasinya guna mencapai sasaran-sasaran pembangunan, dewasa ini sedang dilakukan penyempurnaan undang-undang perbankan.

Publikasi, Lita.SH