PUSAT DATA JENDERAL BESAR HM. SOEHARTO

---

Presiden Seoharto Meresmikan 22 Pabrik Kelompok Industri Kimia Dasar. Serta dikukuhkan Pendirian 594 Koperasi Karyawan Industri se-Jawa Barat.

♠ Dipublikasikan oleh Tim Kerja Media Cendana Nusantara ,
SENIN, 25 MEI 1992

Di Cilegon, Jawa Barat, Presiden Soeharto meresmikan 22 pabrik kelompok industri kimia dasar. Pada saat itu sekaligus pula dikukuhkan pendirian 594 koperasi karyawan industri se-Jawa Barat. Acara peremian itu dipusatkan di lokasi PT Tri Polyta Indonesia yang memproduksi Polypropylene, bahan baku untuk pembuatan plastik.

Dalam amanatnya Kepala Negara mengatakan bahwa membangun masyarakat Indonesia sama sekali tidak hanya membangun pabrik-pabrik. Tidak ada gunanya jika kita memiliki banyak pabrik apabila pabrik-pabrik itu dibangun oleh tenaga asing. Membangun masyarakat industri berarti membangun sikap, kebiasaan dan budaya yang benar-benar mampu membangun industri dengan kemandirian.
Diingatkan juga oleh Presiden bahwa pembangunan industri yang pesat, selain mempercepat laju pembangunan, juga dapat menimbulkan berbagai masalah. Salah satu diantaranya adalah kesenjangan antara kekuatan-kekuatan yang sudah dapat memanfaatkan peluang yang terbuka dengan mereka yang belum dapat memanfaatkannya. Namun Kepala Negara yakin, bahwa dengan berpegang teguh pada nilai-nilai yang terkandung dalam Pancasila, kita pasti berhasil mengatasi tantangan pembangunan yang berada di hadapan kita.

Publikasi, Lita.SH