PUSAT DATA JENDERAL BESAR HM. SOEHARTO

---

Hasil Sidang informal OPEC Sepakat Untuk Membentuk Sebuah Komite 6 Menteri yang Beranggotakan Saudi Arabia, Irak, Kuwait, Venezuela, dan Nigeria

♠ Dipublikasikan oleh Tim Kerja Media Cendana Nusantara ,
RABU, 10 MEI 1978

Menteri Pertambangan dan Energi, Prof. Dr. Subroto melaporkan kepada Presiden Soeharto mengenai hasil-hasil sidang informal OPEC yang berlangsung di Taif, di Saudi Arabia, pada tanggal 6-7 Mei yang lalu. Dilaporkannya bahwa OPEC telah sepakat untuk membentuk sebuah Komite 6 Menteri yang beranggotakan Saudi Arabia, Irak, Kuwait, Venezuela, dan Nigeria. Komite ini bertugas meneliti strategi yang harus ditempuh OPEC dalam menghadapi situasi kelebihan, kekurangan ataupun keseimbangan antara penawaran dan produksi. OPEC memutuskan pula untuk menugaskan Sekretaris Jenderalnya guna menyiapkan makalah mengenai penelitian cara-cara Konpensasi terhadap jatuhnya nilai dollar AS serta mengenai penawaran dan permintaan minyak dalam jangka pendek sampai tahun 1979 nanti.

Dalam pertemuan yang berlangsung di Bina Graha siang ini, Presiden Soeharto telah menginstruksikan Menteri Subroto untuk membentuk sebuah Panitia Teknis. Panitia ini bertugas untuk menghiung harga LNG yang akan dijual kepada Amerika Serikat.


Publikasi, Lita.SH