PUSAT DATA JENDERAL BESAR HM. SOEHARTO

---

Presiden Soeharto Meresmikan Proyek-proyek Pembangunan di Sumatera Barat dan Jambi.

♠ Dipublikasikan oleh Tim Kerja Media Cendana Nusantara ,
Sabtu, 24 April 1982

Presiden dan Ibu Soeharto hari ini melakukan kunjungan kerja selama satu hari di Sumatera Barat dan Jambi untuk meresmikan proyek-proyek pembangunan di kedua provinsi itu. Setiba di Sitiung, Sumatera Barat, pagi ini Presiden Soeharto meresmikan pompa dan irigasi Sungai Dareh. Dengan selesainya proyek pompa dan sebagian jaringan irigasi ini, lebih dari 3.000 hektar tanah akan dapat dialiri. Apabila proyek ini selesai seluruhnya nanti, maka areal sawah yang akan mampu dialirinya adalah 12.000 hektar.
            
Dalam amanatnya kepada masyrakat Sitiung, Kepala Negara mengatakan bahwa kita bertekad untuk berswasembada pangan secara nasional agar kita tidak perlu lagi mengimpor pangan yang membutuhkan devisa yang tidak sedikit jumlahnya. Dalam pada itu, usaha untuk meningkatkan pendapatan kaum tani memang harus terus kita lakukan, sebab kamu tani merupakan bagian terbesar dari rakyat Indonesia. Dikatakan oleh Presiden bahwa dengan meningkatnya pendapatan kaum tani, maka akan meningkat pula daya beli bagian terbesar rakyat Indonesia. Peningkatan ini akan mendorong pula meningkatnya produksi dan jasa di berbagai bidang, sehingga akan memajukan pertumbuhan ekonomi dan memperluas kesempatan kerja. Oleh karena itu, Presiden menegaskan, usaha untuk meningkatkan produksi pangan benar-benar perlu kita lakukan dengan bersungguh-sungguh dan dengan penuh semangat.
            
Setelah acara peresmian, Presiden Soeharto berdialog dengan para transmigran Sitiung, baik yang berasal dari Wonogiri maupun transmigran lokal. Dalam dialog itu, Kepala Negara para transmigran supaya berkoperasi dan ber-KUD, sebab dengan berusaha berkelompok, hasil yang diperoleh bisa lebih baik. Dikemukakannya bahwa melalui KUD, permohonan kredit akan lebih mudah dilayani. Namun diingatkannya agar kredit itu tidak digunakan untuk konsumsi , melainkan untuk meningkatkan produksi.
            
Dari Sitiung, dengan menumpang helikopter, Presiden dan rombongan menuju desa Muara Tembesi di Provinsi Jambi. Di desa Muara Tembesi yang terletak di Kabupaten Batanghari itu, siang ini Kepala Negara meresmikan penggunaan Jembatan Muara Tembesi. Jembatan Tembesi ini merupakan penghubung antara Muara Bungo dengan Jambi yang terletak pada jalur jalan raya Trans Sumatera.
            
Dalam sambutannya, Presiden Soeharto mengajak masyarakat untuk membulatkan tekad untuk meneruskan dan meningkatkan pembangunan.

Publikasi Lita.SH.