PUSAT DATA JENDERAL BESAR HM. SOEHARTO

---

Pertemuan Presiden Soeharto Mr. Joseph A Mommersteek.

♠ Dipublikasikan oleh Tim Kerja Media Cendana Nusantara ,
Sabtu, 23 April 1966

Semua anggota DPA yang ada sekarang diberhentikan pemerintah; Presiden kemudian mengangkat anggota DPA yang baru. Hal ini termuat dalam Surat Keputusan No. 83 tahun 1966.

Kamis, 23 April 1970

Jam 9 pagi ini Presiden Soeharto menerima Mr. Joseph A Mommersteek, seorang anggota Tweede Kamer (parlemen) Belanda. Pada pertemuan ini antara lain telah dibicarakan mengenai pemberitaan yang negatif di Negeri Belanda tentang Indonesia. Hal ini, menurut Mommersteek, menimbulkan kemarahan mahasiswa dan cendekiawan Belanda terhadap RI, dan ini tentu saja sangat merugikan Indonesia. Untuk mengatasi masalah ini Presiden mengharapkan agar team televisi Belanda dapat datang dan melihat sendiri keadaan di Indonesia. Dijelaskan oleh Presiden Soeharto bahwa Indonesia tidak pernah menutup-nutupi perkembangannya, semua boleh diketahui oleh dunia luar.
           
Usai pertemuan tersebut Mommersteek menilai pembicaraannya dengan Presiden Soeharto sebagai sangat terbuka. Ia juga mengatakan bahwa pandangan Prof. Wertheim tentang Indonesia yang negatif disebabkan oleh rasa kecewanya terhadap pembangunan Indonesia yang tidak sesuai dengan keinginannya.

Publikasi Lita,SH.