PUSAT DATA JENDERAL BESAR HM. SOEHARTO

---

Pembukaan Konferensi ke-40 Pasific Asia Travel Association (PATA)”, yang berlangsung di Nusa Indah Hotel and Convention Centre, Bali.

♠ Dipublikasikan oleh Tim Kerja Media Cendana Nusantara ,
Senin, 10 April 1989

Richard Woolcott, utusan khusus Perdana Menteri Australia, pagi ini menemui Presiden Soeharto di Bina Graha. Bekas Duta Besar Australia untuk Indonesia itu bermaksud menyampaikan penjelasan tentang usul PM Bob Hawke mengenai pembentukan kerjasama ekonomi regional negara-negara Asia Pasifik. Setelah pertemuan yang berlangsung selama setengah jam itu, Richard Woolcott mengatakan bahwa Presiden tertarik terhadap usul itu. Dikatakannya bahwa masalh ini akan dibicarakan lebih lanjut dengan sejumlah menteri serta pejabat senior Indonesia dalam dua hari ini.



Rabu, 10 April 1991

Hari ini Presiden Soeharto membuka Konferensi ke-40 Pasific Asia Travel Association (PATA)”, yang berlangsung di Nusa Indah Hotel and Convention Centre, Bali. Ini merupakan konferensi PATA yang ketiga kalinya diselenggarakan di Indonesia.
Dalam sambutannya, Presiden mengatakan bahwa bangsa-bangsa di kawasan Asia Pasifik memiliki peluang yang lebih besar lagi untuk mengembangkan kepariwisataan. Kawasan ini sedang mengalami pertumbuhan yang dinamis. Pertumbuhan ekonomi yang pesat di Jepang, negara-negara industri baru dan beberapa negara lainnya memberikan pengaruh yang positif bagi  pengembangan kepariwisataan di kawasan ini. Kawasan Asia Pasifik bukan saja menjadi daerah tujuan wisata, tetapi juga menjadi pasar wisata yang potensial.
Dikatakannya bahwa sebagai daerah tujuan wisata, Indonesia memiliki banyak daerah yang cocok untuk berlibur, beristirahat dan berekreasi, baik di pantai ataupun di pegunungan. Sesuai dengan tahap pembangunan yang dicapai Indonesia, daerah-daerah itu dikembangkan sebagai kawasan wisata. Dalam mengembangkan suatu daerah menjadi kawasan wisata, Indonesia selalu memperhitungkan kelestarian lingkungan sekelilingnya. Sebab, lingkungan hidup merupakan salah satu segi yang tercakup dalam tujuan pembangunan Indonesia.

Publikasi Lita,SH