PUSAT DATA JENDERAL BESAR HM. SOEHARTO

---

Dukungan Indonesia Bagi Perjuangan SWAPO Dalam Menghadapi Dominasi Rezim Apartheid Afrika Selatan di Namibia.

♠ Dipublikasikan oleh Tim Kerja Media Cendana Nusantara ,
Sabtu, 27 April 1985

Pagi ini di Bina Graha Presiden Soeharto menerima Mohamed Yazid, Ketua Delegasi/Utusan Khusus Presiden Aljazair. Utusan tersebut menemui Presiden Soeharto untuk menyampaikan pesan khusus Presiden Aljazair, Chadly Benjadid. Pesan itu antara lain berisi ucapan terima kasih rakyat dan pemerintah Aljazair kepada pemerintah dan rakyat Republik Indonesia yang telah memberikan bantuan dan dukungan diplomatik ketika Aljazair berjuang melawan kolonialisme Prancis pada masa lalu. Dalam pertemuan dengan utusan khusus tersebut, dibicarakan pula masalah-masalah bilateral dan internasional yang berkembang dewasa ini, serta upaya-upaya untuk memperkuat persatuan diantara negara-negara Asia Afrika. Setelah menerima utusan Presiden Aljazazir, Presiden Soeharto kemudian menerima Dr Sam Nujoma, Pimpinan Delegasi SWAPO. Dalam pertemuan tersebut, Presiden mengemukakan kembali dukungan Indonesia bagi perjuangan SWAPO dalam menghadapi dominasi rezim apartheid Afrika Selatan di Namibia.

Senin, 27 April 1987

Menteri Kesehatan Suwardjono Surjoningrat usai di terima Presiden Soeharto di Cendana pagi ini mengatakan kepada pers bahwa Kepala Negara agar dokter tidak hanya berkumpul di Jakarta, tetapi bersedia bertugas di daerah-daerah, khususnya daerah terpencil. Mereka diharapkan melakukan tugas kemanusiaan melayani masyarakat.

Menteri Muda Urusan Peningkatan Produksi Peternakan dan Perikanan, JH Hutasoit, menghadap Kepala Negara pagi ini di Bina Graha. Pada kesempatan itu ia melaporkan mengenai realisasi Bantuan Presiden untuk menanggulangi penyakit rabies.

Kepada wartawan ia mengatakan bahwa daerah yang tertular wabah penyakit anjing gila telah meluas dari hanya empat daerah pada bulan Januari 1987 menjadi sembilan daerah pada Maret lalu. Malah ada daerah yang sudah dinyatakan tertutup yaitu Kabupaten Sragen dan Boyolalidi Jawa Tengah. Untuk menanggulangi penyebaran penyakit rabies itu pemerintah telah menyalurkan vaksin ke Jawa Barat dan Jawa Tengah masing-masing 80.000 dosis, Jawa Timur 15.000 dosis, DKI Jakarta 10.000 dosis, Yogyakarta 10.000 dosis dan Riau 5.000 dosis.

Ulang Tahun ke-12 TMII dirayakan hari ini. Bertepatan dengan Ulang Tahun ini, diresmikan pula sebuah taman burung. Taman Burung yang megah ini membuat TMII bukan saja semakin lengkap, melainkan juga tambah semarak.

Dalam amanatnya, Kepala Negara antara lain mengatakan bahwa dengan memelihara, menggali kembali dan mengembangkan budaya daerah, kita ingin memperkaya,memperindah, dan memperdalam semboyan Bhineka Tunggal Ika. Pada kurun waktu persatuan dan kesatuan kita kukuh kuat seperti sekarang ini, penggalian kembali budaya daerah itu bukan lagi merupakan bahaya yang akan memecah belah tubuh bangsa kita. Kita sekarang cukup kuat, kita skarang cukup dewasa, kita sekarang cukup matang, sehingga tidak akan kembali kepada masa kuatnya rasa kesukuan yang sempit dan menyesakkan nafas.

Publikasi Lita.SH