PUSAT DATA JENDERAL BESAR HM. SOEHARTO

---

Tentang 50 Inisiatif Pak Harto untuk Indonesia dan Dunia

♠ Dipublikasikan oleh Tim Kerja Media Cendana Nusantara ,

Kata Inisiatif berasal dari kata bahasa Inggris, Inititiative, yang ternyata memiliki arti kompleks. The Free Dictionary menyatakan bahwa initiative is the power or ability to begin or to follow through energetically without prompting or direction from others; on one’s own (kekuatan atau kemampuan untuk memulai atau meneruskan suatu perbuatan dengan penuh energi tanpa petunjuk dari yang lain; atau atas kehendak sendiri). 

Cambridges Dictionary menyatakan bahwa Initiative is a new plan or process to achieve something or solve a problem (sebuah rencana atau proses baru untuk mencapai sesuatu atau untuk memecahkan suatu masalah). 

Dengan demikian, inisiatif tidaklah sama dengan gagasan baru yang muncul dari seseorang, inisiatif berhubungan dengan kemampuan menghadirkan suatu terobosan yang didalamnya mengandung tanggung jawab dalam rangka mencapai tujuan atau menyelesaikan suatu masalah.

Dalam pengertian inilah, inisiatif Pak Harto diartikan sebagai kemampuan Pak Harto menghadirkan dan memastikan gagasan, pemikiran, bahkan tindakan yang mengandung konsekuensi atau tanggungjawab, dapat diwujudkan dengan maksud untuk meraih suatu pencapaian tertentu atau mengatasi masalah tertentu (utamanya masalah kehidupan berbangsa dan bernegara).

Penulis : Mahfudi