PUSAT DATA JENDERAL BESAR HM. SOEHARTO

---

Radio Siaran Swasta Mengemban Tanggungjawab untuk Mencerdaskan Kehidupan Bangsa

♠ Dipublikasikan oleh Tim Kerja Media Cendana Nusantara ,,,
Selasa, 1 Desember 1992

Hari ini Presiden dan Ibu Soeharto menghadiri acara pembukaan Musyawarah  Nasional Persatuan Radio Swasta Siaran Niaga Indonesia (PRSSNI) yang diadakan di Istana Negara. Dalam sambutannya, Kepala Negara mengingatkan bahwa radio siaran swasta mengemban tanggungjawab untuk mencerdaskan kehidupan bangsa yang sedang mengalami perubahan.  Dampak informasi sedikit atau banyak akan mempengaruhi kehidupan sosial, politik, ekonomi, serta kebudayaan.  
Dikatakannnya bahwa para pengelola radio siaran swasta harus ikut memacu proses pendewasaan masyarakat agar masyarakat mampu mencerna setiap informasi yang diterima serta tidak mudah terpengaruh oleh informasi negatif.

Sehubungan dengan berkembangnya isyu dalam masyarakat pada akahir-akhir ini mengenai tidak sehatnya sejumlah bank swasta, hari ini presiden Soeharto memerintahkan Menko Polkam Sudomo untuk meneliti dan menyelesaikan hingga tuntas isyu yang merugikan itu.  Kepala Negara mengatakan hal itu ketika menerima Menko Polkam Sudomo  hari ini di Istana Merdeka Sudomo mengatakan bahwa setelah munculnya kasus Bank Summa, kemudian timbul isyu mengenai tidak sehatnya sejumlah bank swasta nasional.