PUSAT DATA JENDERAL BESAR HM. SOEHARTO

---

Kedatangan Tamu Negara, Shah Iran, Mohammad Reza Pahlevi

♠ Dipublikasikan oleh Tim Kerja Media Cendana Nusantara ,,
Selasa, 1 Oktober 1974

Presiden dan Ibu soeharto sore ini menyambut kedatangan Shah Iran, Mohammad Reza Pahlevi, dan Ratu Farahdiba di pelabuhan udara Internasioanl Halim Perdana Kususma. Mendarat pada pukul 15.35, Shah dan ratu Iran mengadakan kunjungan kenegaraan singkat di Indonesia; Shah dan rombongan akan meninggalkan Indonesia besok pagi pukul 10.15. sore ini, pada jam 17.15, Shah dan ratu Iran mengadakan kunjungan kehormatan kepada Presiden dan Ibu Soeharto di Istana.

• Malam ini di Istana Negara, Presiden Soeharto menyelenggarakan jamuan makan kenegaraan untuk menghormati kunjungan pemimpin Iran. Acara makan malam ini kemudian di teruskan dengan pertunjukkan kesenian Indonesia. Tarian-tarian yang dipertunjukkan malam ini berhasil memukau Shah Iran dan Ratu Palevi beserta rombongan mereka.

Dalam pidato pada acara makan malam ini, Presiden Soehato menyambut kunjungan Shah Iran di Indonesia, yang merupakan kunjungannya yang pertama di negeri ini. Dikatakan oleh Kepala Negara bahwa kunjungan Shah Iran merupakan tonggak sejarah baru bagi hubungan anatara kedua bangsa dan negara.

Sementara itu, dalam pidato balasannya, Shah Iran mengatakan bahwa kemakmuran adalah sangat penting bagi perdamaian dan saling pengertian di dunia. Oleh sebab itu ia menyambut baik pembangunan yang sedang dilakukan Indonesia dibawah pimpinan Presiden Soeharto.