PUSAT DATA JENDERAL BESAR HM. SOEHARTO

---

1969-11-01 Presiden Soeharto: Pemerintah Dorong Pertumbuhan Serikat Buruh yang Bebas, Demokratis dan Bertanggung Jawab

♠ Dipublikasikan oleh Tim Kerja Media Cendana Nusantara ,,

Presiden Soeharto: Pemerintah Dorong Pertumbuhan Serikat Buruh yang Bebas, Demokratis dan Bertanggung Jawab[1]





SABTU, 1 NOVEMBER 1969, Jam 10.00 pagi ini, bertempat di Istana Negara Presiden Soeharto menerima para anggota Majelis Permusyawaratan Buruh Indonesia (MPBI) yang akan bersidang di Jakarta. Kepada MPBI Presiden meminta agar tidak mengurus soal-soal yang telah ada salurannya, melainkan memusatkan diri pada pembinaan semua organisasi buruh, serta mengembangkan semangat, cinta kerja dan cinta pembangunan kepada kaum buruh. Mengaitkan pelaksanaan Pelita dengan masalah perburuhan, Presiden mengatakan bahwa kaum buruh memegang peranan yang sama pentingnya dengan unsur-unsur modal dan peralatan. Oleh sebab itu Presiden menyerukan agar kaum buruh dan pengusaha dapat menciptakan suasana kerja yang baik, saling menghargai dan saling mempercayai.

Jenderal Soeharto juga mengatakan bahwa sebagai upaya untuk meningkatkan kehidupan demokrasi yang sehat serta meningkatkan kesadaran dan tanggung jawab terhadap tugas-tugas nasional, maka pemerintah berusaha untuk mendorong pertumbuhan serikat-serikat buruh yang bebas, demokratis dan bertanggung jawab. (WNR).







[1] Dikutip langsung dari buku “Jejak Langkah Pak Harto 28 Maret 1968-23 Maret 1973″, hal 171. Buku ini ditulis oleh Team Dokumentasi Presiden RI, Editor: G. Dwipayana & Nazarudin Sjamsuddin dan diterbitkan PT. Citra Kharisma Bunda Jakarta Tahun 2003