PUSAT DATA JENDERAL BESAR HM. SOEHARTO

---

1981-10-28 Presiden Soeharto Hadiri Hari Sumpah Pemuda dan Pembukaan Kongres KNPI

♠ Dipublikasikan oleh Tim Kerja Media Cendana Nusantara ,,

Presiden Soeharto Hadiri Hari Sumpah Pemuda dan Pembukaan Kongres KNPI[1]





RABU, 28 OKTOBER 1981, Di Jakarta, pukul 10.00 pagi ini Presiden dan Ibu Soeharto menghadiri peringatan Hari Sumpah Pemuda ke-53 dan pembukaan Kongres KNPI ke-3 yang secara bersamaan diselenggarakan di Istora Senayan. Dalam amanatnya, Presiden mengatakan bahwa ada dua pelajaran sejarah yang menonjol dari pengalaman kita di masa lampau. Yang pertama adalah mutlaknya persatuan kita semua untuk memenangkan perjuangan. Yang kedua ialah kepeloporan pemuda dalam setiap, peristiwa sejarah kita yang besar.

Oleh sebab itu Kepala Negara meminta kepada KNPI untuk terus memperkuat persatuan dan kesatuan bangsa. Dikatakan selanjutnya, bahwa jika dahulu kaum muda telah membuat sejarah yang melahirkan Sumpah Pemuda, maka di hadapan para pemuda sekarang ini terbentang luas tugas besar lain, yaitu membangun bangsa dan negara demi kemajuan, kesejahteraan dan keadilan sosial dalam masyarakat Pancasila. (AFR).






[1] Dikutip dari buku “Jejak Langkah Pak Harto 29 Maret 1978 – 11 Maret 1983″, hal 481-482. Buku ini ditulis oleh Team Dokumentasi Presiden RI, Editor: G. Dwipayana & Nazarudin Sjamsuddin dan diterbitkan PT. Citra Kharisma Bunda Jakarta, Tahun 2003.