PUSAT DATA JENDERAL BESAR HM. SOEHARTO

---

1980-10-18 Presiden Soeharto Coba Mobil Berbahan Bakar Ethanol Sumbangan Brazil

♠ Dipublikasikan oleh Tim Kerja Media Cendana Nusantara ,,

Presiden Soeharto Coba Mobil Berbahan Bakar Ethanol Sumbangan Brazil[1]





SABTU, 18 OKTOBER 1980, Pagi ini di halaman depan Bina Graha, Presiden Soeharto mencoba mengendarai mobil Volkswagen yang menggunakan alkohol sebagai bahan bakarnya. Mobil dengan bahan bakar ethanol itu disumbangkan oleh Pemerintah Brazil untuk Pemerintah Indonesia itu, melalui Menteri Negara Riset dan Teknologi, BJ Habibie. Ikut menyaksikan uji coba itu adalah Duta Besar Jerman Barat dan Duta Besar Brazil, sementara Menteri Habibie dan Sesdalopbang Solichin GP berada didalam mobil tersebut.

Kepada Presiden, Habibie juga memperkenalkan mesin pembangkit listrik yang menggunakan bahan bakar methanol. Bahan bakar methanol dapat dihasilkan dari batubara, gas alam dan ubi kayu serta ubi jalar. Oleh karena bahan bakunya banyak terdapat di Indonesia, maka methanol akan diproduksi disini. (AFR).






[1] Dikutip dari buku “Jejak Langkah Pak Harto 29 Maret 1978 – 11 Maret 1983″, hal 347. Buku ini ditulis oleh Team Dokumentasi Presiden RI, Editor: G. Dwipayana & Nazarudin Sjamsuddin dan diterbitkan PT. Citra Kharisma Bunda Jakarta, Tahun 2003.