PUSAT DATA JENDERAL BESAR HM. SOEHARTO

---

1979-10-17 Presiden Soeharto Resmikan Dua Pabrik Gula Mini di Aceh dan Sumatera Barat

♠ Dipublikasikan oleh Tim Kerja Media Cendana Nusantara ,,

Presiden Soeharto Resmikan Dua Pabrik Gula Mini di Aceh dan Sumatera Barat[1]




RABU, 17 OKTOBER 1979, Tiba di Kecamatan Silihnara, Kabupaten Aceh Tengah, siang ini Presiden Soeharto meresmikan dua buah pabrik gula mini yang masing-masingnya terletak di Silihnara dan Saribulan, Sumatera Barat. Setelah meresmikan, Presiden menyerahkan Pabrik Gula Mini Silihnara kepada Gubernur Aceh, Prof. Madjid Ibrahim, Pabrik Gula Mini Saribulan kepada Gubernur Sumatera Barat, Azwar Anas.

Dari Silihnara, yang terletak di daerah pedalaman Aceh, Presiden dan rombongan kemudian meninjau Bireuen, yang terletak di daerah pesisir. Di Bireuen, selain meninjau proyek pembangunan jalan raya, Presiden sempat pula berdialog dengan petani Kecamatan Jeumpa. Dalam dialog itu, para petani telah menyampaikan keluhan mereka mengenai sawah-sawah yang terbentang seluas 19.000 hektar, tetapi kekurangan air. Oleh karena itu mereka meminta agar Pemerintah membangun jaringan irigasi disana.

Ketika meninjau proyek jalan di Bireuen ini, Presiden telah menerima laporan tentang pembangunan jalan di Provinsi Aceh. Kemudian, setelah mencoba jalan yang dilapisi aspal beton sepanjang 43 kilometer, Presiden dan rombongan menuju Banda Aceh. (AFR).






[1] Dikutip dari buku “Jejak Langkah Pak Harto 29 Maret 1978 – 11 Maret 1983″, hal 215. Buku ini ditulis oleh Team Dokumentasi Presiden RI, Editor: G. Dwipayana & Nazarudin Sjamsuddin dan diterbitkan PT. Citra Kharisma Bunda Jakarta, Tahun 2003.