PUSAT DATA JENDERAL BESAR HM. SOEHARTO

---

1969-04-24 Presiden Soeharto: Teknologi Untuk Memerangi Kemelaratan dan Kemiskinan

♠ Dipublikasikan oleh Tim Kerja Media Cendana Nusantara ,,

Presiden Soeharto: Teknologi Untuk Memerangi Kemelaratan dan Kemiskinan

(Didampingi Ibu Tien Meninjau Kendaraan “KID”)[1]




KAMIS, 24 APRIL 1969, Presiden yang didampingi oleh Ibu Tien Soeharto pagi ini menyaksikan demonstrasi penggunaan kendaraan serbaguna “KID”, yang dapat dipakai untuk pertanian, bertempat di Kompleks Lembaga Pusat Hortikultura di Pasar Minggu, Jakarta. Pada kesempatan itu Presiden agar meminta agar teknologi baru hendaknya dimanfaatkan untuk memerangi kemelaratan dan kemiskinan rakyat tani. Khusus mengenai kendaraan KID, Jenderal Soeharto mengatakan bahwa penggunaannya tentu tergantung pada perhitungan ekonomi, apakah harga ongkos operasionalnya efisien. Untuk itu ia meminta para ahli agar dapat meneliti lebih lanjut aspek-aspek ekonomis kendaraan KID itu.

Kemudian Presiden Soeharto menuju PT. Padi Traktor di perbatasan Jakarta-Bogor, untuk melihat peragaan penggilingan padi dengan menggunakan cara baru.

Sehubungan dengan penyelenggaraan Konferensi Islam Internasional di Kuala Lumpur, Presiden Soeharto mengirimkan pesan tertulis kepada PM Malaysia, Tunku Abdul Rahman, melalui Letjen. Sudirman yang memimpin delegasi Indonesia. Presiden mengungkapkan kegembiraannya bahwa Tunku Abdul Rahman telah mengambil prakarsa untuk menyelenggarakan konferensi itu. Dikatakannya bahwa walaupun Indonesia bukan negara yang didasarkan pada suatu agama, namun mengingat pentingnya konferensi ini bagi Indonesia yang sebagian besar penduduknya beragama Islam, maka Indonesia mengirimkan para peninjau ke konferensi ini. (AFR)






[1] Dikutip Langsung dari Buku Jejak Langkah Pak Harto 28 Maret 1968-23 Maret 1973, hal. 115.