PUSAT DATA JENDERAL BESAR HM. SOEHARTO

---

1968-08-26 Presiden Soeharto Mulai Kunjungan Ke Sumatera

♠ Dipublikasikan oleh Tim Kerja Media Cendana Nusantara ,,

Presiden Soeharto Mulai Kunjungan Ke Sumatera[1]




SENIN, 26 AGUSTUS 1968, Pagi ini Presiden Soeharto beserta rombongan meninggalkan Jakarta menuju Pekanbaru. Pekanbaru merupakan persinggahan pertama, dalam rangka kunjungan kerja Presiden ke empat provinsi di Sumatera, yaitu Riau, Sumatera Barat, Aceh dan Sumatera Utara. Kunjungan Presiden ke Sumatera ini merupakan pula bahagian kedua dari kunjungan kerjanya ke Sumatera. Sebagaimana diketahui pada tanggal 15-21 Juli yang lalu, Presiden Soeharto telah berkunjung di ketiga provinsi lainnya di pulau tersebut, yaitu Lampung, Sumatera Selatan dan Jambi.

Di Pekanbaru hari ini Presiden Soeharto menghadiri sidang istimewa DPRD-GR Riau. Dalam pidatonya, Presiden Soeharto antara lain mengatakan bahwa PKI sedang merencanakan untuk berkuasa kembali di Indonesia. Dalam rangka itu, demikian Jenderal Soeharto, partai terlarang itu merencanakan untuk menggunakan daerah Riau sebagai basisnya, dari sana PKI selanjutnya akan berusaha menguasai seluruh Sumatera. Dipilihnya daerah Riau ini sebagai basis gerakan politik PKI, tidak lain karean daerah ini sangat strategis letaknya, antara lain dekat dengan jangkauan gerakan komunis internasional.
Selanjutnya Presiden menegaskan tentang perlunya kita menghancurkan sisa-sisa PKI secara total. Dalam rangka itu, menurutnya Presiden Soeharto, ada tiga cara untuk menghancurkan sisa-sisa PKI secara total. Pertama, Penghancuran secara fisik terhadap isa-sisa organisasi terlarang itu. Kedua, terus meningkatkan dan membina persatuan dan kesatuan sesama potensi Orde Baru. Ketiga memperbaiki tingkat perekonomian kita, sehingga kita dapat meningkatkan taraf hidup rakyat banyak. (AFR).






[1] Dikutip langsung dari buku “Jejak Langkah Pak Harto 28 Maret 1968-23 Maret 1973″, hal 37-38. Buku ini ditulis oleh Team Dokumentasi Presiden RI, Editor: G. Dwipayana & Nazarudin Sjamsuddin dan diterbitkan PT. Citra Kharisma Bunda Jakarta Tahun 2003.