PUSAT DATA JENDERAL BESAR HM. SOEHARTO

---

Jejak Langkah, 16 Juni Sekian Tahun yang Lalu

♠ Dipublikasikan oleh Tim Kerja Media Cendana Nusantara ,,

Sabtu, 16 Juni 1973
Presiden Soeharto menyerahkan satu unit penggilingan padi dan sprayer kepada KUD Sukamantri di Kecamatan Ciomas Bogor. Menurut Presiden sumbangannya itu merupakan pendekatan diri kepada desa Sukamantri, karena ia akan menjadi warga kecamatan Ciomas. Dikatakan pula oleh Presiden, bahwa sebagai orang yang berasal dari keluarga petani, ia bermaksud untuk mengembangkan pertanian dan peternakan di daerah itu.

Rabu, 16 Juni 1975
Di Bina Graha Presiden Soeharto menerima Yukio Shibayama, Presiden Direktur Perusahaan Sumitomo Shoji Kaisha. Ia menghadap Presiden bersama Dubes Jepang, Ryozo Sunabe, untuk meminta pandangannya mengenai pelaksanaan proyek Asahan Aluminium di Sumatera Utara. Dalam hubungan ini Kepala Negara menyarankan agar kerjasama Jepang dengan Indonesia tidak semata-mata bermotif ekonomi saja. Untuk ini ia meminta agar pihak sumitomo mengaitkan bisnisnya dengan usaha-usaha lain dalam rangka meningkatkan persahabatan yang saling menguntungkan.

Kamis, 16 Juni 1977
Kepala Proyek Masjid Istiqlal Ir. Sudarto menjelaskan dihadapan anggota DPR Komisi IX yang datang meninjau masjid itu, bahwa pembangunan masjid Istiqlal adalah suatu proyek nasional, bukan merupakan proyek pemerintah ataupun swasta. Sedang yang melaksanakan pemabngunannya adalah suatu panitia yang mewakili seluruh rakyat Indonesia dan diketuai oleh Presiden Soeharto. Mengenai dana Ir. Sudarto menjelaskan bahwa 90% sumber dana berasal dari pemerintah yang diberikan melalui Sekretariat Negara.

Penyusun : Gani Khair