PUSAT DATA JENDERAL BESAR HM. SOEHARTO

---

1970-12-30 Sidang Kabinet Paripurna Pertahankan Kebijakan Anggaran Berimbang

♠ Dipublikasikan oleh Tim Kerja Media Cendana Nusantara ,,
Sidang Kabinet Paripurna Pertahankan Kebijakan Anggaran Berimbang [1]



RABU, 30 DESEMBER, 1970, Sidang kabinet paripurna pagi ini, yang merupakan sidang terakhir dalam tahun 1970, telah membahas penyelesaian RAPBN 1971/1972. Kabinet memutuskan untuk mempertahankan anggaran berimbang, menciptakan volume yang lebih besar dan tetap memisahkan anggaran rutin dan anggaran pembangunan. Peningkatan volume diusahakan melalui peningkatan pendapatan dari pajak langsung dan pajak tidak langsung, cukai. dan bea masuk. Sementara itu anggaran pembangunan ditingkatkan dengan biaya yang didapat dari tabungan masyarakat dan bantuan luar negeri. Jumlah proyek dikecilkan, dengan menggabungkan proyek yang sejenis menjadi satu.

Dalam hubungan ini, Presiden menginstruksikan agar perincian proyek pembangunan telah disiapkan daftar isian Proyek (DIP)-nya, sehingga konsep  DIP telah dapat dimasukkan pada akhir Januari. (WNR).



-----
[1] Dikutip langsung dari buku “Jejak Langkah Pak Harto 28 Maret 1968-23 Maret 1973″, hal 281. Buku ini ditulis oleh Team Dokumentasi Presiden RI, Editor: G. Dwipayana & Nazarudin Sjamsuddin dan diterbitkan PT. Citra Kharisma Bunda Jakarta Tahun 2003