PUSAT DATA JENDERAL BESAR HM. SOEHARTO

---

Pemerintah Tidak Menaikan Harga Dasar Gabah Kering

♠ Dipublikasikan oleh Tim Kerja Media Cendana Nusantara ,,,,
Rabu, 6 November 1985 --- Sidang kabinet terbatas bidang Ekuin berlangsung pagi ini di Bina Graha di bawah pimpinan Presiden Soeharto. Sidang hari ini antara lain memutuskan bahwa pemerintah tidak akan menaikan harga dasar gabah kering, sehingga harga beli oleh KUD dari petani tetap Rp175 per kilogram. Selain itu diputuskan pula bahwa harga jagung dan kedelai tidak berubah.

Sementara itu dalam sidang Menteri keuangan melaporkan bahwa tingkat inflasi dalam Oktober adalah sebesar 0,008%, sedangkan tingkat inflasi dalam tahun takawim adalah sebesar 3,67%. Terungkap pula didalam sidang bahwa jumlah uang yang beredar pada bulan September adalah sebesar Rp 9,456 triliun, sementara neraca perdagangan (Agustus 1985 ) mengalami surplus sebesar US$259,2 juta.

Dalam pada itu Wakil Presiden memberikan laporan mengenai pengawasan pembangunan dan masalah PIR di Kalimantan Selatan. Dalam hubungan ini Presiden menginstruksikan para menteri terkait agar mengambil tindakan lanjutan untuk mengatasi masalah-masalah yang dilaporkan Wakil Presiden.


Sumber : Buku Jejak Langkah Pak Harto Jilid 1-6
Publikasi : Oval Andrianto
Editor : Sukur Patakondo