PUSAT DATA JENDERAL BESAR HM. SOEHARTO

---

Pertimbangan DPA Tentang Replita III

♠ Dipublikasikan oleh Tim Kerja Media Cendana Nusantara ,,,,
Kamis, 2 November 1978 --- Pukul 09.00 pagi ini,  selama hampir satu jam, Presiden Soeharto menerima pimpinan DPA di Bina Graha. Pimpinan DPA yang hadir adalah Ketua Idham Chalid , keempat Wakil Ketua, yaitu Sunawar Sukowati, Kartakusumah, J Naro dan dr. Sudjono, serta Sekretaris Jenderal, Piet Wiryawan. Menemui Kepala Negara untuk menyampaikan pertimbangan DPA tentang Replita III. Pretimbangan tersebut merupakan hasil sidang pleno DPA baru-baru ini.

Gubernur NTB, Gatot Suherman, menghadap Presiden Soeharto di Bina Graha pagi ini. Dalam pertemuan yang berlangsung  selama  lebih kurang setengah jam itu, ia telah melaporkan tentang perkembangan di daerahnya. Usai menghadap Kepala Negara,  ia mengatakan bahwa Presiden mengharapkan agar Pulau Sumbawa dapat diperkembangkan menjadi pusat pengembangan peternakan nasional, khususnya untuk jenis sapi Bali.

Sebelumnya, di tempat yang sama, telah pula menghadap Presiden, Gubernur Sulawesi Tengah, Munafri SH. Dalam pertemuan itu, Kepala Negara meminta agar Provinsi  Sulawesi  Tengah dapat dikembangkan menjadi daerah penerima transmigrasi yang baik. Walaupun begitu, Presiden menegaskan bahwa kelestarian lingkungan harus diperhatikan.

Setelah menerima kedua Gubernur tersebut, Presiden Soeharto pagi ini menerima pula Direktur Utama  Merpati  Nusantara Airlines, Ramli Sunardi. Pada kesempatan itu, Kepala Negara meminta agar merpati lebih  memperhatikan usaha penerbangan perintis,  pengangkutan transmigran, dikemukakan sehubungan dengan berpengalamannya anak perusahaan Garuda ini di dalam mengenai hal-hal tersebut. Sebagaimana diketahui, dalam hal penerbangan Lintas batas misalnya, Merpati selama ini telah menerbangi jalur Kalimantan Barat ke Serawak dan Sulawesi Utara ke Filipina.



Sumber : Buku Jejak Langkah Pak Harto Jilid 1-6
Publikasi : Oval Andrianto
Editor : Sukur Patakondo