PUSAT DATA JENDERAL BESAR HM. SOEHARTO

---

Jenderal Soeharto Memberikan Penjelasan Tentang Reorganisasi Departemen Hankam

♠ Dipublikasikan oleh Tim Kerja Media Cendana Nusantara ,,,,


Sabtu, 4 Oktober 1970 --- Dalam musyawarah komando yang dihadiri oleh perwira tinggi Angkatan Bersenjata, Menhankam Jenderal Soeharto memberikan penjelasan tentang pelaksanaan reorganisasi dalam Departemen Hankam. Reorganisasi ini merupakan pelaksanaan dari surat keputusan Presiden No. 132 tahun 1969, yang antara lain menetapkan integrasi Angkatan Bersenjata.
Musyawarah Alim Ulama se-Indonesiayang telah berlangsung beberapa hari di Gedung Pola, Jakarta, hari ini ditutup. Dalam amanat tertulisnya dalam pada penutupan ini Presiden Soeharto antara lain mengatakan bahwa islam adalah agama kemajuan sesuai dengan ajaran-ajaran Al-Qur’an yang didalamnya banyak menitikberatkan pada soal-soal pembangunan masyarakat. Oleh karena itu Presiden Soeharto mengajak para alim-ulama, pemimpin-pemimpin islam untuk lebih memperhatikan kehidupan manusia. Menurut Presiden, partisipasi umat islam sangatlah menentukan bagi berhasilnya pembangunan di negeri kita.
Oleh sebab itu Presiden mengharapkan agar para ulama dapat merealisasikan hasil-hasil musyawarah dalam bidang amaliyah sosial Islam. Pada kesempatan itu, Presiden Soeharto juga berbicara tentang kemunduran umat Islam di Indonesia, sebagaimana yang banyak disinggung oleh peserta musyawarah. Dalam hal ini Presiden berpendapat bahwa kemunduran itu disebabkan karena oleh kurangnya kita memperhatikan masalah kehidupan manusia secara lahiriah.


Sumber : Buku Jejak Langkah Pak Harto Jilid 1-6 
Publikasi : Rayvan Lesilolo