PUSAT DATA JENDERAL BESAR HM. SOEHARTO

---

Presiden Soeharto Mengeluarkan Surat Edaran Kepada Semua Menteri dan Pimpinan Lembaga

♠ Dipublikasikan oleh Tim Kerja Media Cendana Nusantara ,,,,
Selasa, 21 September 1976 --- Hari ini Presiden Soeharto mengeluarkan sepucuk surat edaran yang ditujukan kepada semua menteri dan pimpina lembaga non-departemen. Surat yang diberi nomor B-3/Pres/9/1976 berisi :
Bahwa pada akhir-akhir ini banyak dihembuskan oleh orang-orang yang tidak bertanggungjawab kedalam masyarakat, juga suara-suara dikalangan pers dalam maupun luar negeri, yang seolah-olah Presiden RI telah memberikan perlakuan istimewah kepada keluarga dan sanak saudaranya dalam melakukan kegiatan usaha dengan tujuan  untuk memperoleh keuntungan yang besar dan mudah, sehingga dengan perlakuan demikian menyebabkan timbul rasa ketidakadilan dalam masyarakat.
Suara-suara, dan desas desus yang menyebar dari mulut ke mulutitu tidak mengadung kebenaran.
Oleh karena itu saya tegaskan bahwa saya tidak pernah dan tidak akan pernah memberikan perlakuan istimewah kepada keluarga dan sanak saudara saya, baik dari keluarga pihak saya maupun dari pihak isteri saya, atau orang lain yang mengaku-ngaku sanak keluarga saya.
Sejalan dengan usaha Pemerintah untyk mengembangkan kehidupan ekonomi yang sehat berdasarkan perlakuan yang sama kepada semua warganegara, dengan ini saya instruksikan secara khusus kepada para menteri dan pimpinan lembaga pemerintah non-departemen beserta seluruh aparatur pelaksanaannya untuk tidak memberikan perlakuan istimewah kepada keluarga dan sanak saudara baik yang telah diketahui maupun yang mengaku sebagai keluarga Presiden RI.
Saya minta instruksi ini dilaksanakan sebaik-baiknya dan dengan penuh rasa tanggungjawab.
Para menteri dan pimpinan lembaga non-departemen supaya meneruskan instruksi ini kepada pejabat-pejabat pelaksana di daerah-daerah dan mengumumkan kepada masyarakat. 

Sumber : Buku Jejak Langkah Pak Harto Jilid 1-6
Publikasi : Rayvan Lesilolo