PUSAT DATA JENDERAL BESAR HM. SOEHARTO

---

Presiden Soeharto Memberikan Konferensi Pers Kepada Para Wartawan

♠ Dipublikasikan oleh Tim Kerja Media Cendana Nusantara ,,,


Rabu, 13 September 1989 --- Presiden dan Ibu tiba kembali di tanah air sore ini. Pesawat DC-10 Garuda yang ditumpangi Presiden dan rombongan, mendarat di bandar udara Halim Perdanakusumah tepat pada pukul 15.00.
Didalam penerbangansiang ini, Presiden Soeharto memberikan konferensi pers kepada para wartawan yang menyertai kunjungannya ke Yugoslavia dan Uni Soviet. Kepala Negara antara lain menegaskan kembali bahwa dalam melaksanakan poliyik luar negeri bebas aktif, kita senantiasa memperhitungkan situasi dan kondisi di dalam negeri. Sebab, demikian Presiden, tanpa memiliki kemampuan yang mantap, maka kita tidak akan dianggap apa-apa dan hanya ngomong saja. Karena itulah didalam mengambil peranan, kita harus tau diri. Sebab apa yang kita kemukakan atau lemparkan dalam politik luar negeri akan sangat tergantung pada kemampuan kita didalam negeri.
Untuk itulah pembangunan didalam negeri kita tingkatkan melalui Pelita demi Pelita, sehingga kita sekarang menjadi berobot. Sekarang tidak hanya bicara, tetapi kita diminta untuk bicara dan apa yang kita sarankan tidak hanya didengar, tetapi juga dipatuhi. Dalam hubungan ini Kepala Negara mengambil contoh pernyataan PM Lee Kuan Yew bahwa Asia Tenggara akan makmur kalau Indonesia mengalami kemajuan dalam pembangunan. Dikatakan oleh Presiden bahwa pernyataan PM Lee itu bukan karena dirinya, melainkan karena sukses yang dicapai Indonesia.

Sumber : Buku Jejak Langkah Pak Harto Jilid 1-6
Publikasi : Rayvan Lesilolo